Proyek Lumbung Pangan Satu Juta Hektare di Merauke Diapresiasi Satgas Kementan

     

    WARTABANJAR.COM, MERAUKE – Proyek strategis nasional pengadaan lumbung pangan di Merauke segera diwujudkan. Komandan Satgas BKO Ketahanan Pangan Kementerian Pertanian (Kementan), Mayjen TNI Ahmad Rizal Ramdhani, menegaskan bahwa proyek pembangunan lumbung pangan nasional berupa satu juta hektare sawah di Merauke, Papua Selatan, merupakan bagian dari program strategis nasional dan bukan investasi dari proyek swasta.

    “Pembangunan sawah seluas satu juta hektare Merauke ini adalah bagian dari program strategis nasional yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat pedalaman Papua, khususnya di Merauke, Papua Selatan,” jelas Ahmad Rizal dikutip dari Antara, Jumat (13/9/2024).

    Baca juga:Begini Penampakan Kedatangan Ribuan Excavator yang Dipesan Haji Isam

    Dikatakannya, program strategis nasional ini dilaksanakan di Merauke karena pemerintah melihat potensi besar dalam sumber daya pertanian di daerah ini. 

    Merauke memiliki lahan yang luas, subur, dan datar, serta sumber air yang melimpah, dan kondisi cuaca yang sangat mendukung untuk budidaya padi sepanjang tahun,” ujarnya.

    Menurut Rizal, pembangunan sawah satu juta hektare ini akan berdampak positif pada kesejahteraan masyarakat, seiring dengan pembangunan infrastruktur seperti jalan, jembatan, serta fasilitas umum dan sosial yang memadai dari tingkat kampung hingga kabupaten.

    Sebelumnya, Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman mengunjungi Distrik Wanam, Merauke, pada akhir Agustus 2024. Ia menyatakan bahwa Merauke akan menjadi salah satu sumber utama penyediaan beras nasional dalam dua tahun ke depan.

    “Kita optimistis dalam dua tahun ke depan, Merauke akan memulai swasembada beras plus,” kata Amran.

    Dalam proyek pencetakan sawah seluas satu juta hektare ini, juga dibangun berbagai infrastruktur pendukung, termasuk jalan sepanjang 135,5 kilometer yang menghubungkan Ilwayab hingga Ngguti.

    Baca Juga :   Remaja Tewas Jatuh ke Selokan Setelah Konsumsi Kecubung Dicampur Mi Instan

    Baca juga:Ribuan Excavator Haji Isam dari China Tiba di Merauke, Ternyata Akan Garap Proyek Ini

    Menteri Amran juga sempat meninjau volume saluran air di sepanjang jalan dan menginstruksikan peningkatan lebar serta kedalamannya untuk memaksimalkan irigasi.

    “Kita desain saluran ini sebagai long storage untuk mengairi 1 juta hektar sawah yang sedang kita cetak,” ujarnya.(pwk)

    Editor: purwoko

    Baca Lebih Lengkapnya Instal dari Playstore WartaBanjar.com

    BERITA LAINNYA

    TERBARU HARI INI