Dijamin Hasil Panen Meningkat, Dinas Pertanian Banjar Inspeksi Kinerja Mesin Alsintan di Sawah Warga

    WARTABANJAR.COM, MARTAPURA-Terus berkomitmen meningkatkan produktivitas pertanian di Kabupaten Banjar, Dinas Pertanian (Distan) Kabupaten Banjar melalui UPTD Mekanisasi Pertanian menggelar inspeksi pemanfaatan Alsintan Combine Helvester Tanikaya HT 88 milik Distan di Gapoktan Handil Manarap Baru, Kecamatan Kertak Hanyar, Sabtu (7/9/2024).

    Kegiatan tersebut berlangsung di tengah hamparan sawah setempat, dihadiri oleh Kepala UPTD Mekanisasi Pertanian, Barkati beserta stafnya.

    Barkati mengatakan langkah ini penting dilakukan untuk memastikan kinerja optimal, umur pakai yang panjang, dan keselamatan dalam penggunaannya.

    Kegiatan ini juga bisa membantu mendeteksi dini kerusakan atau masalah pada Alsintan, sehingga dapat segera diperbaiki sebelum menimbulkan kerugian yang lebih besar.

    BACA JUGA: Tentara Israel Tembak Mati Aktivis Turki-AS di Kepala, AS Minta Penyelidikan

    “Alsintan Combine Helvester Tanikaya HT 88 merupakan mesin panen modern yang mampu melakukan berbagai proses panen dalam satu tahap, mulai dari memotong padi, memisahkan bulir padi dari jerami, hingga membersihkan bulir padi,” jelasnya.

    Menurut Barkati, dengan menggunakan Alsintan ini, petani dapat menghemat waktu dan tenaga secara signifikan dibandingkan dengan cara panen tradisional sehingga diharapkan hasil panen meningkatkan dan kerugian pasca panen berkurang.

    Distan Kabupaten Banjar berkomitmen untuk terus mendukung petani dalam meningkatkan kesejahteraan melalui penyediaan teknologi pertanian yang modern.

    Dengan semakin banyaknya petani yang memanfaatkan Alsintan, diharapkan produksi pertanian di Kabupaten Banjar dapat semakin meningkat dan mampu memenuhi kebutuhan pangan masyarakat. (MC Banjar)

    Baca Juga :   Data Sementara Kebakaran di Alalak Tengah, 7 Rumah Hangus Terbakar

    Baca Lebih Lengkapnya Instal dari Playstore WartaBanjar.com

    BERITA LAINNYA

    TERBARU HARI INI