Whoosh Mulai Dikemudikan Anak Bangsa, Merdeka Saat HUT RI

    WARTABANJAR.COM, BANDUNG – Pada perayaan HUT Kemerdekaan RI ke-79, untuk pertama kalinya masinis Indonesia mengemudikan Kereta Cepat Whoosh. Kereta Cepat Indonesia-Cina (KCIC) menyebut, moment ini sekaligus memproklamasikan kemerdekaan transportasi modern yang kini mulai dioperasikan putra bangsa.

    General Manager Corporate Secretary KCIC Eva Chairunisa mengatakan, Tema “Nusantara Baru, Indonesia Maju” mengisyaratkan transformasi besar yang terjadi di Indonesia. Pencapaian keberhasilan anak bangsa telah mampu mengemudikan kereta Whoosh dengan penumpang merupakan bukti konkret dari visi tersebut.

    “Saat ini, sejumlah masinis Indonesia telah berhasil lulus ujian On-the-Job Training (OJT) tahap 2 dan melangkah ke tahap 3. Ini bukan hanya pencapaian teknis, tetapi juga simbol kemandirian dan kemajuan SDM Indonesia dalam mengelola teknologi transportasi modern,” ujar Eva seperti dikutip Wartabanjar.com.

    Baca juga: Pihak Cut Intan Nabila Tegaskan Tak Ada Pencabutan Laporan Polisi Terhadap Armor Toreador

    Pada OJT Tahap 3 ini, masinis Indonesia mulai mengoperasikan perjalanan Whoosh berpenumpang dengan pendampingan tim ahli sebagai pengajar dari Tiongkok. Setiap harinya, terdapat 2 perjalanan Whoosh yang dikemudikan sebagai bagian dari proses transfer knowledge SDM Indonesia di bidang Perkeretaapian.

    Para masinis ini sebelumnya telah melalui test oleh masinis profesional untuk mengoperasikan Whoosh dalam berbagai kondisi.

    Terdapat 600 pegawai lokal yang sedang melalui proses transfer knowledge di berbagai bidang. Mereka adalah masinis, perawatan sarana, perawatan prasarana, operasional kereta dan lainnya.

    Baca Juga :   7 Remaja Tewas Mengapung di Kali Bekasi, Polisi Usut Penyebab dan Proses 15 Tersangka

    Baca Lebih Lengkapnya Instal dari Playstore WartaBanjar.com

    BERITA LAINNYA

    TERBARU HARI INI