Serangan OPM di Distrik Alama Tewaskan Pilot Selandia Baru Cederai Upaya Perdamaian di Papua

    WARTABANJAR.COM, ALAMA MIMIKA – Organisasi Papua Merdeka (OPM) belum jera melancarkan aksinya mengganggu stabilitas keamanan di wilayah Papua.

    Pada hari Senin (5/8/2024), Kelompok OPM telah melakukan serangan terhadap seorang pilot helikopter milik perusahaan penerbangan PT Intan Angkasa Air Service yang berkebangsaan Selandia Baru, yakni Glen Malcolm Conning, di Distrik Alama, Kabupaten Mimika, Provinsi Papua Tengah.

    Akibatnya, pilot Glen meninggal dunia akibat serangan senjata api dan senjata tajam Kelompok OPM.

    Kapen Kogabwilhan III, Kolonel Inf Winaryo, menyampaikan, aksi serangan OPM yang mengakibatkan Pilot Glen Malcolm Conning meninggal dunia merupakan tindakan tidak terpuji yang telah mencederai upaya mewujudkan perdamaian di Papua.

    Baca juga: Karhutla di Pantai Lunci Sukamara, Manggala Agni Kesulitan Medan dan Air Pemadaman Hingga Malam Hari

    “Selain itu, mengganggu keamanan yang menghambat upaya percepatan pembangunan,” katanya.

    Wilayah Distrik Alama yang selama ini relatif aman, meski belum ada satupun Satuan Komando Kewilayahan TNI maupun Polri, seperti Koramil atau Polsek, di wilayah tersebut.

    Namun pasca insiden serangan OPM, stabilitas keamanan dan kenyamanan masyarakat terganggu.

    Upaya mewujudkan perdamaian di Papua akan terganggu bilamana terjadi serangan bersenjata oleh OPM yang menyebabkan warga sipil biasa meninggal dunia.

    Dilansir dari sebuah artikel di The Associated Press dengan tajuk “Gunmen kill New Zealand helicopter pilot in another attack in Indonesia’s restive Papua region” yang tayang pada hari Rabu (7/8/2024), Juru Bicara Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat (TPNPB) OPM, Sebby Sambom, tampaknya tidak merasa bersalah ataupun berdosa atas insiden serangan terhadap pilot Selandia Baru yang akhirnya meninggal dunia.

    Baca Juga :   Rano Karno Boleh Pakai Nama Si Doel pada Surat Suara Pilkada Jakarta 2024

    Baca Lebih Lengkapnya Instal dari Playstore WartaBanjar.com

    BERITA LAINNYA

    TERBARU HARI INI