Istana Merdeka Tetap Peringati HUT RI ke-7 Berbarengan dengan di IKN

    WARTABANJAR.COM – Peringatan Hari Ulang Tahun ke-79 Republik Indonesia (RI) tahun ini akan diadakan di dua tempat, yaitu Istana Merdeka, Jakarta, dan Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kalimantan Timur.

    Tema yang diusung adalah “Nusantara Baru, Indonesia Maju”. Hal tersebut diungkap Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg), Pratikno.

    “Bulan Kemerdekaan 2024 ini merupakan rangkaian peringatan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia yang paling istimewa, karena acaranya diadakan di Jakarta dan Ibu Kota Nusantara (IKN). Tema ‘Nusantara Baru, Indonesia Maju’ yang dirilis pada 24 Juni 2024 itu menandai transisi perpindahan ibu kota dari Jakarta ke Nusantara, serta keberlanjutan kepemimpinan yang baru nanti,” ujar Pratikno.

    Baca Juga

    Jual Tuak di Balangan, Nenek 51 Tahun Diringkus Sat Pol PP

    Adapun rangkaian acara yang diadakan termasuk doa dan dzikir kebangsaan di Halaman Istana Merdeka pada 1 Agustus 2024, yang akan dihadiri oleh lebih dari 3.000 peserta.

    “Rangkaian Bulan Kemerdekaan tahun ini akan dibuka dengan dzikir dan doa kebangsaan di Istana Merdeka nanti petang, dihadiri oleh ulama dan pemimpin agama, serta lebih dari 3.000 peserta,” tambahnya.

    Selain itu, akan ada pengukuhan paskibraka oleh Presiden di IKN pada 12-13 Agustus 2024, upacara penganugerahan kehormatan di Istana Jakarta pada 14 Agustus, serta penyampaian RAPBN dan nota keuangan di Gedung Nusantara, DPR, DPD Republik Indonesia pada 16 Agustus 2024.

    “Pengukuhan paskibraka oleh Presiden akan diselenggarakan di IKN, upacara penganugerahan kehormatan di Istana Negara di Jakarta, dan pidato kenegaraan serta penyampaian RAPBN dan nota keuangan di Gedung Nusantara, Gedung MPR, DPR, DPD,” lanjut Pratikno.

    Baca Juga :   Serangan Israel pada 21 September Tewaskan 31 Orang Termasuk 3 Anak-anak

    Baca Lebih Lengkapnya Instal dari Playstore WartaBanjar.com

    BERITA LAINNYA

    TERBARU HARI INI