Gangguan Sistem IT Global Kapan Pulih? Begini Kata Pakar Digital Singapura

    Bahkan SingPost mengatakan bahwa sistem pelacakan surat dan paketnya juga terkena dampaknya.

    Beberapa pelaku usaha dan investor juga mengalami masalah dalam mengakses sistem pasca perdagangan Bursa Singapura pada 19 Juli.

    Namun Otoritas Moneter Singapura (MAS) mengatakan bahwa layanan perdagangan dan kliring penting lainnya tidak terpengaruh.

    Lembaga-lembaga keuangan besar juga melaporkan tidak ada atau hanya sedikit dampaknya terhadap pelanggan dan operasi utama mereka, kata juru bicara MAS.

    Baca juga:Semua Negara Terdampak Gangguan Global, Awal Perang Dunia Ketiga?

    “Beberapa di antaranya mengalami gangguan pada sistem internal yang digunakan oleh staf, namun dalam semua kasus, sistem kritis tidak terpengaruh,” tambahnya.

    Menteri Pengembangan Digital dan Informasi Josephine Teo mengatakan dalam sebuah postingan di Facebook: “Apa yang kami ketahui sekarang adalah bahwa ini bukan insiden keamanan siber tetapi masalah teknis pada perangkat lunak Microsoft dan CrowdStrike,” katanya dikutip Straitstimes.

    Dia mengatakan bahwa meskipun layanan penting yang disediakan oleh Pemerintah, bank lokal, telekomunikasi dan rumah sakit masih terus berjalan, beberapa organisasi di sini mengalami gangguan, yang pastinya menyebabkan ketidaknyamanan bagi penggunanya.

    Untuk membantu pemulihan, katanya, Tim Tanggap Darurat Siber Singapura menguraikan langkah-langkah bagi administrator dan pengguna sistem yang terkena dampak untuk memitigasi dampaknya.

    “Kementerian kami memantau situasi dengan cermat dan akan memberikan bantuan bila diperlukan.

    Baca Juga :   PKS Proses Pemecatan Anggota DPRD Singkawang Tersangka Kekerasan Seksual Anak

    Baca Lebih Lengkapnya Instal dari Playstore WartaBanjar.com

    BERITA LAINNYA

    TERBARU HARI INI