Dirjen Aptika Kominfo Semuel Abrijani Mundur dari Jabatan Buntut PDNS Bocor

    WARTABANJAR.COM – Buntut bocornya Pusat Data Nasional Sementara (PDNS), Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika (Dirjen Aptika Kominfo), Semuel Abrijani Pangerapan, menyatakan mundur dari jabatannya per 1 Juli 2024.

    Surat pengunduran diri telah diserahkan kepada Menteri Kominfo Budi Arie Setiadi.

    “Saya menyatakan per tanggal 1 Juli 2024 saya sudah mengajukan pengunduran diri saya secara lisan dan suratnya sudah saya serahkan kemarin kepada Menteri Kominfo,” ujar Dirjen Aptika dalam keterangan pers di Kantor Kementerian Kominfo, Jakarta, Kamis (4/7/2024).

    Baca Juga

    12 Amalan Sunnah di Malam 1 Suro atau 1 Muharram 1445 H

    Pengunduran dirinya, jelas Semuel merupakan tanggung jawab moral sebagai Dirjen yang mengurusi masalah teknis PDNS di Surabaya, Jawa Timur. PDNS tersebut telah diserang virus ransomware oleh Kelompok Brain Cipher sejak 25 Juni 2024, yang berdampak pada 282 penggunanya.

    “Kejadian itu, bagaimanapun juga, secara teknis adalah tanggung jawab saya sebagai Dirjen yang mengampu proses transformasi pemerintahan,” tutur Semuel. “Secara moral, saya harus mengambil tanggung jawab ini karena masalah ini seharusnya ditangani dengan baik oleh saya,” tegasnya.

    Ia selama delapan tahun menjabat sebagai Dirjen Aptika Kominfo, yang bertugas mengawasi proses transformasi digital pemerintah secara teknis.

    Setelah mundur dari jabatannya, ia berencana kembali ke komunitasnya di sektor swasta dan tetap fokus membantu transformasi digital Indonesia.

    “Pastinya saya akan fokus pada transformasi digital Indonesia. Membangun Indonesia tidak harus dari pemerintah, dulu saya dari swasta, jadi saya balik lagi ke komunitas saya,” jelasnya.

    Baca Juga :   Penjelasan BMKG Musim Kemarau Masih Hujan

    Baca Lebih Lengkapnya Instal dari Playstore WartaBanjar.com

    BERITA LAINNYA

    TERBARU HARI INI