Catat Jadwal Malam 1 Muharram atau Malam 1 Suro Dalam Kalender Jawa

    WARTABANJAR.COM – Malam 1 Muharram di kalender Hijriah dikenal malam 1 Suro jatuh pada 1 Senin, tanggal 8 Juli 2024 dalam kalender Masehi.

    Sementara di Kalender Jawa malam 1 Suro jatuh pada Minggu, pada 7 Juli 2024 dalam kalender Masehi.

    Ada tradisi khusus di Pulau Jawa yang kirab malam 1 sura dijalankan Pura Mangkunegaran dan Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat (Keraton Solo) pada hari yang sama, yakni Minggu (7/7/2024).

    Baca Juga

    Orang Tecebur di Pasar Lama Biasa Disebut Acil Sinchan 

    Pura Mangkunegaran mengadakan Kirab Pusaka Dalem mulai pukul 19.00 WIB. Acara itu bakal diikuti keluarga, trah, dan kerabat Praja Mangkunegaran.

    Kirab malam Satu Suro merupakan tradisi turun-temurun di Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat yang telah berusia ratusan tahun.

    Sejarah kirab Satu Suro berasal dari rutinitas Raja Pakubuwono X yang memerintah dari tahun 1893 hingga 1939. Setiap Selasa dan Jumat kliwon, Pakubuwono X rutin berkeliling tembok Baluwarti berdasarkan penanggalan Jawa.

    Rutinitas Pakubuwono X tersebut kemudian berkembang menjadi sebuah tradisi yang terus dilestarikan oleh kerabat Keraton Solo hingga saat ini.

    Makna dari kirab ini adalah masyarakat meminta keselamatan dan sarana introspeksi agar menjadi pribadi yang lebih baik dari tahun sebelumnya.

    Kirab malam Satu Suro di Keraton Kasunanan Surakarta tidak dapat dipisahkan dari kebo bule atau kerbau bule yang menjadi tokoh utama dalam ritual ini.

    Kebo bule yang dimaksud bernama Kyai Slamet. Nama tersebut diambil dari salah satu pusaka berupa tombak milik Keraton Solo yang sering dibawa oleh Pakubuwono X saat berkeliling tembok Baluwarti setiap Selasa dan Jumat kliwon. Selain mengemban pusaka yang mulia, kebo bule senantiasa mengikuti dengan setia di belakang Pakubuwono X.(berbagai sumber)

    Baca Juga :   Pasca Hasyim Asy'ari Dicopot, KPU Akan Datangi Bawaslu

    Baca Lebih Lengkapnya Instal dari Playstore WartaBanjar.com

    BERITA LAINNYA

    TERBARU HARI INI