Kemenhub Berikan Imbauan Terkait Uji Coba Taksi Terbang Buatan Korea Selatan yang Bakal Uji Coba di IKN

    WARTABANJAR.COM, BANJARMASIN- Melengkapi moda transportasi di Ibu Kota Nusantara (IKN), taksi terbang buatan Hyundai yang akan beroperasi dan bakal segera melakukan uji coba pada Juli 2024 ini.

    Oleh sebab itu, Kementerian Perhubungan memberikan imbauan yang perlu diperhatikan oleh operator saat uji coba nanti.

    Kementerian Perhubungan sudah memberikan persetujuan adanya uji coba taksi terbang buatan Hyundai dengan syarat pelaksanaannya  tidak boleh mengganggu jalur atau ruang udara pesawat.

    Sekretaris Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kemenhub, Sigit Hani Hadiyanto mengatakan larangan itu diberikan karena taksi terbang pada prinsipnya merupakan wahana udara tidak berawak atau urban air mobility (UAM) yang sangat berbeda dengan pesawat terbang konvensional.

    Jadi, mau tidak mau mekanisme penerbangannya bersifat terpisah (segregated) dengan ruang udara pesawat konvensional.

    “Secara prinsip, saat ini kebijakannya, kalau terkait dengan wahana udara tidak berawak atau UAM (urban air mobility) atau drone, atau taksi terbang atau apa pun adalah sifatnya segregated,” katanya.

    Hingga kini pengaturan UAM masih terus jadi perdebatan.

    Banyak negara dan otoritas terkait masih melakukan kajian lanjutan mengenai operasional taksi terbang.

    “ICAO (Organisasi Penerbangan Sipil Internasional/International Civil Aviation Organization) sebagai penjuru regulasi penerbangan juga masih melakukan kajian-kajian mengenai hal itu. Jadi, kita juga merujuk kepada hal tersebut,” jelasnya.

    Penggunaan taksi terbang di IKN nantinya juga akan membutuhkan izin operasional karena hal tersebut serupa dengan penggunaan pesawat tanpa awak yang juga membutuhkan izin dan tidak dapat dilakukan di sembarang ruang udara.

    Baca Juga :   INDEF Ingatkan Tingginya Beban Utang Indonesia ke Pemerintahan Baru

    Baca Lebih Lengkapnya Instal dari Playstore WartaBanjar.com

    BERITA LAINNYA

    TERBARU HARI INI