Telkom Indonesia Konfirmasikan Data PDN Tak Dapat Dipulihkan

    WARTABANJAR.COM, JAKARTA – PT Telkom Indonesia (TLKM) mengonfirmasi bahwa data di Pusat Data Nasional (PDN) yang terkena serangan ransomware tidak dapat dipulihkan. Telkom bekerja sama dengan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN), Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo), dan Bareskrim Polri untuk menangani insiden ini.

    Direktur Network & IT Solution PT Telkom, Herlan Wijanarko, menjelaskan bahwa pihaknya telah mendapatkan asistensi dari BSSN dan bekerja sama dengan berbagai pihak terkait sejak kejadian terjadi hingga saat ini.

    Upaya pemulihan dilakukan dengan menggunakan sumber daya yang ada dan berkoordinasi dengan para penyewa (tenant) yang terkena dampak.

    Baca juga: Pengamat: Duet Anies-Sohibul Akan Untungkan Lawan di Pilkada Jakarta 2024

    “Kami sejak kejadian ini sudah diasistensi oleh BSSN dan bekerja sama dengan Kominfo, tenant, serta Bareskrim. Kami berusaha keras untuk melakukan pemulihan dengan sumber daya yang kami miliki,” kata Herlan dalam jumpa pers di Kemenkominfo, Jakarta, Rabu (26/6/2024).

    Pusat Data Nasional berada di Surabaya, Serpong, dan Batam sebagai cadangan. Data yang terkena ransomware di PDNS Surabaya tidak dapat dipulihkan.

    Herlan menyebutkan bahwa upaya pemulihan dilakukan dalam dua tahap. Telkom telah berkomunikasi dengan tenant yang terdampak untuk memastikan apakah mereka memiliki back-up data atau tidak.

    Baca juga: Kolaborasi Pelindo Solusi Logistik dan ITB Beri Program Beasiswa Pelindo Juara

    “Kami telah menghubungi semua tenant yang terdampak di PDNS 1, bekerja sama dengan Kominfo untuk memastikan apakah tenant memiliki backup di lokal atau tidak, termasuk situasi layanannya. Ada tenant yang memiliki backup, ada yang tidak, ada beberapa yang tidak aktif, dan ada yang belum bisa diverifikasi,” katanya seperti dikutip Wartabanjar.com.

    Baca Juga :   Waspada Modus Penipuan Pendaftaran Bansos dari Kemensos

    Baca Lebih Lengkapnya Instal dari Playstore WartaBanjar.com

    BERITA LAINNYA

    TERBARU HARI INI