Bentuk Desa Binaan Imigrasi di Tapin, Kantor Imigrasi Banjarmasin Fasilitasi Layanan Keimigrasian di Tingkat Desa

    WARTABANJAR.COM, RANTAU- Kantor Imigrasi Kelas I TPI Banjarmasin menggelar sosialisasi dan pembentukan desa binaan di Desa Mandurian, Kecamatan Tapin Tengah, Kabupaten Tapin, Jumat (1/6/2024).

    Desa Mandurian dikenal sebagai kantong Pekerja Migran Indonesia di Kalimantan Selatan.

    Narasumber pada kegiatan sosialisasi yang merupakan kolaborasi antara Seksi Inteldakim dan Seksi TIKIM Kantor Imigrasi Kelas I TPI Banjarmasin ini menghadirkan Kepala Divisi Keimigrasian Kanwil Kemenkumham Kalimantan Selatan, Junita Sitorus, sebagai narasumber.

    Dalam rilisnya kepada Wartabanjar.com, Senin (3/6/2024), Desa Binaan Imigrasi merupakan program kolaborasi antara imigrasi dan perangkat desa, dimana perangkat desa akan menjadi perpanjangan tangan imigrasi ditingkat desa dalam penyampaian informasi tentang keimigrasian pada tingkat desa.

    Tujuan dari sosialisasi Desa Binaan Imigrasi ini yaitu untuk memberikan kemudahan akses informasi terkait permohonan Paspor RI, dengan melibatkan perangkat desa sebagai perpanjangan tangan Kantor Imigrasi, Program Desa Binaan ini juga sebagai upaya pencegahan PMI Non Prosedural melalui pemberian edukasi keimigrasian kepada masyarakat, Khususnya PMI.

    Diharapkan sosialisasi ini menjadi senjata terbaik dalam melindungi para PMI dari berbagai modus penipuan yang akan terus dilakukan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab.

    Dengan keberadaan desa binaan ini, diharapkan bisa menjadi menjadi garda terdepan dalam mencegah Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO) dan Tindak Pidana Penyelundupan Manusia (TPPM).

    Baca Juga :   BKKBN Kalsel Apresiasi Langkah Proaktif Pemkab Balangan Tekan Kasus Stunting

    Baca Lebih Lengkapnya Instal dari Playstore WartaBanjar.com

    BERITA LAINNYA

    TERBARU HARI INI