Korlantas Polri Lakukan Ramp Check Bus Pariwisata

    WARTABANJAR.COM, BANDUNG – Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri menggelar ramp check pada PO Bus Jackal Holidays di Jalan Soekarno Hatta, Bandung, Jawa Barat.

    Kakorlantas Polri, Irjen Pol Aan Suhanan memimpin langsung pengecekan itu.

    Dalam kesempatan tersebut, Kakorlantas bicara mengenai standar keselamatan pada kendaraan yang kerap digunakan sebagai Bus Pariwisata atau Antar Kota dan Antar Provinsi (AKAP).

    “Kami dari Korlantas sejak tanggal 15 (Mei) pada saat itu kita pertemuan dengan Pak Menteri Perhubungan terkait dengan bagaimana membangun bus pariwisata yang berkeselamatan,” ungkap Aan Suhanan di Bandung, Selasa (28/5/2024).

    Selain itu, Kakorlantas juga menjelaskan kunjungannya ke Bandung untuk betul-betul memastikan standar keselamatan bagi Bus Pariwisata yang belakangan ini menjadi sorotan.

    “Karena sudah liat dan dengar ada beberapa kasus yang menimpa bus wisata ini. Kita di seluruh Indonesia sudah melaksanakan ramp check, sudah ada 5.283 bis yang kita periksa, kemudian ada 4.435 yang laik secara administratif maupun secara fisik,” tuturnya.

    “Kemudian ada 834 bis yang tidak laik, itu sudah ada di 262 lokasi yang kita lakukan ramp check bersama-sama dengan Kementerian Perhubungan,” sambungnya.

    Lebih lanjut Aan Suhanan mengatakan, masih terdapat pengusaha bus yang lalai atau dalam artian mengabaikan standar keselamatan. Hal ini tentu berdampak besar kepada penumpang yang dibawa dan nama perusahaan bus tersebut.

    “Pertama tidak melakukan uji laik secara berkala, karena ditemukan ada beberapa KIR yang sudah mati atau sudah tidak berlaku. Kemudian ada beberapa kendaraan secara fisik itu tidak laik teknis tidak laik jalan,” terangnya.

    Baca Juga :   Kemenag: 93.614 Jemaah Haji dan Petugas Telah Dipulangkan ke Tanah Air Per 4 Juli 2024

    Baca Lebih Lengkapnya Instal dari Playstore WartaBanjar.com

    BERITA LAINNYA

    TERBARU HARI INI