Tips Mempererat Kuncian Lengan

    Oleh Harry Budiman (Praktisi Karate & Jujutsu, Beladiri Praktis)

    WARTABANJAR.COM – Kita sudah pernah membahas tentang dua teknik dasar kuncian lengan, yaitu lipatan luar dan lipatan dalam atau dalam istilah beladiri Jepang disebut gyaku kote dan kote mawashi. Sekarang kita bahas bagaimana memperkuat atau mempererat kuncian tersebut.

    Betul, kadang saat mengunci lengan lawan dengan salah satu dari kedua teknik lipatan tadi, terasa kurang erat karena sebab lawan lebih kuat atau tahu cara melepaskannya.

    Ada tips agar kuncian kita terapkan bisa lebih erat dan lawan susah melepas, bahkan sontak akan menyerah karena rasa sakit yang menyengat di pergelangan.

    Tips bisa dilakukan adalah ketika lengan lawan kita putar sehingga membentuk kuncian gyaku kote maupun kote mawashi, maka tempelkan punggung tangannya ke dada kita.

    Baca Juga : NEKAT OPERASIONAL, Disporabudpar Jatuhkan SP 1 Kepada Aeris Hotel Banjarbaru

    Tekan punggung tangannya dengan dada kita sehingga efek sakit semakin terasa. Tak hanya sakit di pergelangan, tapi juga menjalar ke siku dan bajunya.

    Selanjutnya dengan sedikit memutar bahu kita, maka lawan akan merunduk dan jatuh. Baru kemudian kita sambung dengan kuncian lain ketika lawan posisinya sejajar tanah atau lantai.

    Tips ini bisa diterapkan pada lawan dengan bentuk pergelangan besar atau berbadan gemuk yang biasanya susah dikunci dan dihilangkan keseimbangannya.

    Perlu diperhatikan saat latihan, lakukan berulang secara perlahan baik dengan tangan kiri maupun kanan. Jika sudah bisa, barulah tingkatkan kecepatan.

    Baca Juga :   BREAKING NEWS Pria Gantung Diri di Pekapuran Raya Banjarmasin

    Baca Lebih Lengkapnya Instal dari Playstore WartaBanjar.com

    BERITA LAINNYA

    TERBARU HARI INI