Anemia Pada Ibu Hamil Masih Mencapai 48,9 Persen

    WARTABANJAR.COM – Indonesia masih mempunyai banyak permasalahan dan tantangan dalam upaya pelayanan kesehatan reproduksi dan pemenuhan hak-hak reproduksi.

    Berdasarkan data SDKI 2020, AKI di Indonesia sebesar 189 per 100.000 kelahiran hidup.

    “Menurut data SDKI 2020, AKB di Indonesia sebesar 16,85 per 1.000 kelahiran hidup. Berdasarkan Riskesdas 2018, Kekurangan Energi Kronik (KEK) pada perempuan usia 15-19 tahun sebesar 36,3 persen dan pada ibu hamil sebesar 17,3 persen,” kata Kadinkes Kalsel Raudatul Jannah.

    Sementara itu, anemia pada ibu hamil sebesar 48,9 persen. Pernikahan dan kehamilan remaja juga masih cukup tinggi. Menurut SDKI 2017, angka kelahiran pada perempuan usia 15-19 tahun sebesar 36 per 1000 perempuan berusia 15-19 tahun.

    Baca Juga

    Breaking News Rumah Amblas di Komplek Ar Rahman Pelambuan 

    “Dengan adanya pertemuan ini, kiranya seluruh peserta serta lintas sektor dan program yang terlibat dalam penanganan kesehatan reproduksi catin dan KB, dapat meningkatkan kemampuan dan kapasitas tenaga kesehatan dalam pelayanan kesehatan reproduksi catin dan KB, sehingga diharapkan catin dapat menjalani masa kehamilan, persalinan, nifas dan menyusui secara sehat dan melahirkan generasi penerus yang berkualitas,” ujar Raudhatul.

    Data ini terungkap dalam workshop Pelaksanaan Pelayanan Kesehatan Reproduksi Catin dan KB bagi tenaga kesehatan di Banjarmasin, Senin (13/5/2024).

    Raudatul Jannah mengatakan workshop digelar dalam upaya untuk meningkatkan status kesehatan perempuan.

    Kesehatan pada perempuan bukan hanya saat kehamilan saja, namun harus dimulai sejak saat sebelum hamil yaitu sejak masa remaja, dewasa muda/calon pengantin (catin), dan wanita usia subur (WUS), melalui pemberian Komunikasi, Informasi dan Edukasi (KIE) dan konseling kesehatan reproduksi serta skrining kesehatan bagi calon pengantin oleh tenaga kesehatan.

    Baca Juga :   Polisi Amankan RK Terkait Kasus Penyalahgunaan Narkotika, Dua Rekannya Kabur

    Baca Lebih Lengkapnya Instal dari Playstore WartaBanjar.com

    BERITA LAINNYA

    TERBARU HARI INI