Jawaban Kementrian ESDM Soal Harga BBM Naik Karena Konflik Timur Tengah

    WARTABANJAR.COMKonflik Timur Tengah, serangan drone Iran ke Israel dikhawatirkan berdampak pada harga bahan bakar minyak (BBM), Selasa (16/4).

    Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Tutuka Ariadji, menjamin harga BBM tidak berubah hingga Juni 2024.

    “Ya, harga BBM masih seperti itu (tidak berubah sampai Juni),” ujar Tutuka melalui keterangan resmi, usai webinar bertajuk “Ngobrol Seru Dampak Konflik Iran-Israel ke Ekonomi RI” yang digelar oleh Eisenhower Fellowships Indonesia Alumni Chapter, di Jakarta dikutip Selasa (16/4/2024).

    Baca Juga

    Besok PAM Stop Leding Wilayah Banjarmasin Barat dan Selatan

    Pemerintah, jelasnya masih menunggu respons Israel terhadap serangan Iran. Menurutnya, kecenderungan dunia tidak ingin harga minyak yang terlalu tinggi.

    “Ini faktor yang sangat kuat untuk pertimbangan lebih jauh tentang eskalasi,” katanya.

    Meskipun demikian, Kementerian ESDM sudah melakukan simulasi-simulasi dampak eskalasi konflik di Timur Tengah terhadap harga minyak, berikut berbagai parameter seperti kurs, ICP (Indonesian Crude Oil Price) atau harga patokan minyak mentah Indonesia, serta faktor-faktor lainnya.

    “Itu (simulasi) yang akan kami sampaikan untuk pihak terkait, kemudian diharapkan bisa jadi pengambilan keputusan,” ujar Tutuka.

    Konflik antara Iran dengan Israel dipicu serangan terhadap Konsulat Iran di Damaskus, Suriah, Senin ( 1/4/2024).

    Iran kemudian melancarkan serangan balasan dengan menembakkan puluhan rudal balistik dan ratusan drone ke Israel pada Sabtu malam (13/4/2024).

    Baca Juga :   Kejaksaan Tetapkan Lima Tersangka Baru Kasus Korupsi PT Timah, Ini Mereka

    Baca Lebih Lengkapnya Instal dari Playstore WartaBanjar.com

    BERITA LAINNYA

    TERBARU HARI INI