1.000 Pohon Bakal Hijaukan Waduk Benua Tengah Takisung

WARTABANJAR.COM, TAKISUNG – Sebanyak 1.000 batang pohon bakal menghijaukan kawasan waduk II Takisung, yang berada di Desa Benua Tengah, Kecamatan Takisung, Kabupaten Tanah Laut, Kalimantan Selatan.

Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman, dan Lingkungan Hidup (DPRKPLH) Kabupaten Tanah Laut (Tala) menggelar aksi penanaman pohon di kawasan waduk tersebut, Selasa (20/02/2024).

Kepala Bidang Tata Lingkungan pada DPRKPLH Tala, Yanti Mondes, mengatakan kegiatan penanaman pohon ini dalam rangka meningkatkan Indeks Kualitas Lingkungan Hidup (IKLH) di Tanah Laut yang salah satu parameternya adalah Indeks Kualitas Tutupan Lahan (IKL).

Baca juga: 1 TPS di Belimbing Raya Tabalong Lakukan PSU 24 Februari, Begini…

“Bersama-sama menanam 1.000 pohon berbagai jenis di greenbelt/ area penyangga badan air Waduk II Takisung seperti trambesi, ketapang kencana, cemara laut, dan spathodea,” kata Yanti.

Selanjutnya Yanti mengatakan bahwa pohon yang ditanam akan dirawat secara berkala sehingga nanti bisa tumbuh dan bermanfaat bagi lingkungan.

“Kita akan bekerja sama dengan pihak desa dan masyarakat sekitar untuk menjaga dan merawat tanaman ini agar tanaman ini dapat tumbuh besar dan memberikan manfaat,” lanjut Yanti.

Bibit pohon yang ditanam berasal dari Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) Tala. Adapun pada kegiatan ini, DPRKPLH Tala juga menggandeng unsur TNI, KPH Tala, Kader Konservasi binaan Nayaka Cyber Indonesia, siswa-siswi SMA Negeri 1 Takisung, Pemerintah Kecamatan Takisung, Pemerintah Desa Benua Tengah dan masyarakat sekitar. (ernawati/mc)

Baca Lebih Lengkapnya Instal dari Playstore WartaBanjar.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini