Gempa Bumi di Kalsel, BPBD : Tetap Tenang, Cek Kondisi Bangunan

    WARTABANJAR.COMGempa bumi terjadi di wilayah Kalimantan Selatan (Kalsel) antara lain Banjarmasin, Banjar, Tapin, Batola dengan kekuatan 4,8 magnitudo pukul 9.22 WITA.

    Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Raden Suria Fadliansyah, mengimbau kepada masyarakat untuk tetap tenang dan tidak panik.

    Pemprov Kalsel melalui BPBD Kalsel, BPBD Kabupaten/Kota bersama Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) serta Instansi terkait, terangnya terus melakukan koordinasi dan analisa digital terkait peristiwa alam tersebut.

    “Dari laporan BPBD Kalsel dan analisa BMKG peristiwa gempa yang terjadi masuk kategori dangkal di bawah 50 km dan getarannya terjadi di sebagian wilayah Tapin, Batola dan Kabupaten Banjar serta sebagian Kota Banjarmasin,” terang Suria melalui siaran pers, Rabu (13/02/2024) pukul 11.44 Wita.

    Berdasarkan data BPBD Kalsel saat ini gempa yang terjadi sekitar tujuh detik tersebut, di lokasi bencana gempa tidak terdapat bangunan yang roboh atau membahayakan.

    Senada dengan Kepala BPBD Kalsel, Kepala Stasiun Geofisika Balikpapan Rasmid, melalui siaran pers yang dikirimkan ke BPBD Kalsel, juga mengimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

    Kendati demikian ia juga mengimbau masyarakat menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa.

    “Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda.” (MC kalsel)

    Baca Juga :   Acil Odah-Rozanie vs Muhidin-Hasnur Akan Hadapi 3 Kali Debat

    Baca Lebih Lengkapnya Instal dari Playstore WartaBanjar.com

    BERITA LAINNYA

    TERBARU HARI INI