Jangan Salah! Begini Membedakan Pusing Vertigo dengan Darah Rendah

    1. Vertigo

    Vertigo dibagi menjadi dua, yaitu sentral dan perifer. Vertigo sentral terjadi karena ada kelainan di otak kecil, bisa karena stroke, tumor otak atau gangguan lainnya.

    Sedangkan vertigo perifer terjadi karena gangguan di organ vestibullar di telinga, seperti pada penyakit meniere atau gangguan pendengaran.

    Umumnya, pusing yang disebabkan vertigo membuat pengidapnya memiliki sensasi kepala terasa berputar.

    Pengidap vertigo juga mengalami gejala lain, seperti mual, muntah, berkeringat, pergerakan bola mata yang tidak sesuai, dan adanya gangguan pendengaran.

    Jika kamu mengalami gejala tersebut yang cukup mengganggu aktivitas, jangan ragu untuk chat dokter di Halodoc✔️ agar mendapatkan penanganan tepat dengan segera.

    2. Darah Rendah

    Seseorang dikatakan mengalami darah rendah atau hipotensi ketika memiliki tekanan darah di bawah 90/60 mmHg.

    Seseorang yang memiliki darah rendah ditandai dengan sensasi pusing, namun pusing yang dirasakan akan berbeda dengan pengidap vertigo. Pusing darah rendah akan terasa seperti kliyengan.

    Sensasi ini juga disertai dengan gejala lain, seperti lemas, pandangan buram, konsentrasi berkurang, tubuh terasa tidak stabil, dan sesak napas.

    Namun tidak hanya kedua penyakit tersebut, pusing dapat dialami sebagai tanda penyakit lain pada tubuh, seperti gangguan pada telinga, masalah peredaran darah, gangguan saraf, penyakit anemia, kekurangan gula dalam darah, gangguan kecemasan, dan dehidrasi yang disebabkan oleh cuaca yang terlalu panas.

    Lakukan Pemeriksaan untuk Memastikan Penyebab Pusing
    Sebaiknya lakukan pemeriksaan pada rumah sakit terdekat ketika mengalami pusing yang disertai dengan sensasi mati rasa, demam, hingga kejang.

    Baca Juga :   Cek Ramalan Zodiak Cinta Hari Ini 7 Juli 2024: Capricorn Menanti Ketulusan

    Baca Lebih Lengkapnya Instal dari Playstore WartaBanjar.com

    BERITA LAINNYA

    TERBARU HARI INI