Cegah TBC Dapat Dimulai Dari Diri Sendiri, Simak Penjelasan Ahli

    Penyebab Kejadian TBC
    Terdapat beberapa penyebab munculnya TBC pada orang yang sehat, meliputi pengetahuan, umur, perilaku merokok, dan kepadatan hunian.

    Pengetahuan
    Pengetahuan berperan sangat penting dalam membentuk tindakan seseorang, karena perilaku yang baik dapat terbentuk dari pengetahuan yang baik pula.

    Seseorang dengan pengetahuan yang kurang baik dan kurangnya informasi kesehatan penyakit TBC akan rentan terkena penyakit ini.

    Umur
    Faktor umur menjadi salah satu penyebab TBC, karena semakin bertambahnya usia seseorang maka semakin menurun pula sistem kekebalan tubuhnya.

    Hal ini dapat terjadi karena derajat penularan TBC bergantung dari jumlah bakteri tuberculosis dalam dahak seseorang.

    Perilaku Merokok
    Asap rokok sangat berbahaya karena 5 kali lebih banyak mengandung karbon monoksida (CO) dan 4 kali lebih banyak mengandung tar dan nikotin, sehingga apabila asap ini dihirup oleh perokok pasif maka racun dapat masuk ke paru-paru dan mempengaruhi respons kekebalan tubuh dan tubuh menjadi rentan terinfeksi bakteri tuberculosis.

    Kepadatan Hunian
    Kepadatan hunian menjadi salah satu penyebab TBC karena hunian yang padat atau jumlah penghuni yang tidak seimbang dengan luas bangunan, dapat mempermudah penularan bakteri Mycobacterium tuberculosis jika terdapat penderita TBC di tempat dengan kepadatan hunian yang tinggi.

    Selain itu karena populasi yang padat maka akan tercipta interaksi yang lebih dengan orang lain, sehingga dapat mempercepat bakteri tuberculosis menular melalui udara.

    Baca Juga :   Jajal Trek Terjal Loksado, Yamaha Gelar NMAX Turbo Tour Boemi Nusantara 2024 di HSS

    Baca Lebih Lengkapnya Instal dari Playstore WartaBanjar.com

    BERITA LAINNYA

    TERBARU HARI INI