Waspada Sebar Konten Saat Kampanye Pemilu 2024

    WARTABANJAR.COM – Memasuki masa kampanye Pemilu 2024, masyarakat diingatkan untuk berhati-hati menyebarkan konten.

    Diharapkan mengecek kebenarannya terlebih dahulu sebelum menyebarkannya.

    “Di tengah gebyar Pemilu ini, saya kira kita memang harus lebih hati-hati, terutama agar tidak ikut menyebarkan misinformasi dan disinformasi,” kata Wakil Menteri Komunikasi dan Informatika (Wamenkominfo), Nezar Patria, dalam keterangannya, seperti dikutip pada Kamis (21/12/2023).

    Menurut Wamenkominfo, setiap konten atau informasi yang masuk ke media sosial perlu disikapi dengan kritis, terutama informasi yang diragukan kebenarannya.

    Baca Juga

    Kasir Minimarket di Jalan Trikora Banjarbaru Kepergok Curi Uang 2 Juta per Hari

    “Kita tahu kalau konten yang sedang kita hadapi atau kita saksikan ini, ini adalah konten yang bisa kita sebut mencurigakan, mencurigakan dan juga meragukan secara kualitas informasinya,” ujarnya.

    Untuk itu Wamen Nezar meminta masyarakat yang menerima konten mencurigakan untuk mengecek kebenarannya ke sumber-sumber yang jelas, termasuk Kementerian Kominfo dan media arus utama (mainstream).

    Dengan demikian masyarakat tidak terjebak menyebarkan konten hoaks di media sosial.

    “Jadi kebiasaan share ini memang baik kalau informasinya positif, yang menyebarkan kebaikan, tapi kalau menyebarkan keburukan kan itu satu hal yang kita hindari,” tukas dia.

    Wamenkominfo mengatakan, saat ini teknologi untuk memproduksi hoaks maupun disinformasi sudah semakin canggih karena memanfaatkan teknologi kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI) termasuk deep fake.

    Baca Juga :   Geger 7 Mayat Remaja Ditemukan Mengambang di Kali Bekasi, Polisi Amankan Belasan Orang

    Baca Lebih Lengkapnya Instal dari Playstore WartaBanjar.com

    BERITA LAINNYA

    TERBARU HARI INI