Tingkatkan Keamanan Situs Pemkab Tanah Bumbu, Diskominfo SP Luncurkan CSIRT

    WARTABANJAR.COM, BATULICIN – Guna meningkatkan keamanan situs pemerintah, Pemkab Tanah Bumbu melalui Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian meluncurkan CSIRT.

    Peluncuran CSIRT tersebut di Ruang Digital Live Room, Rabu (15/11/2023) lalu.

    Selain itu, peluncuran ini juga sebagai upaya inovatif memperkuat pertahanan siber di era digital yang semakin kompleks. Keamanan siber yang kuat menjadi salah satu prioritas utama pemerintah.

    Bupati Tanah Bumbu Zairullah Azhar dalam sambutan yang dibacakan oleh Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan SDM, M Putu Wisnu Wardhana mengatakan, ini merupakan hal yang luar biasa dan patut di apresiasi.

    “Dalam melaksanakan tujuan Negara ini, tentu tidak lepas dari cyber. Di Era sekarang ini, kita hidup dengan percepatan-percepatan teknologi, dan saat ini kita menjalankan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE),” jelasnya.

    Selain itu, menurutnya keamanan informasi merupakan bisnis yang menarik, yang kita sadari bahwa semua yang terhubung
    kejaringan tidak ada yang aman 100 persen.

    “Seiring dengan kemajuan teknologi informasi dan komunikasi, skala ancaman semakin luas. Maka dari itu, kita harus siaga menghadapi segala jenis ancaman kejahatan cyber,” tambahnya.

    Kepala Dinas Kominfo SP, Al Husain Mardani mengatakan, serangan cyber merupakan sebuah konsekuensi dari proses transformasi digital.

    “Dalam setiap proses TanahBumbuKab-Csirt melakukan tugas monitoring, menerima, meninjau dan menanggapi,” tambahnya.

    Dalam kegiatan tersebut turut pula hadir dari perwakilan Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Kalimantan Selatan, dan juga perwakilan dari Keamanan Siber dan Sandi Negara Pemerintah Daerah. (Didi/MC.Tanbu)

    Baca Juga :   300 Paket Sembako Dibagikan Gubernur Kalsel di Desa Gandaria

    Baca Lebih Lengkapnya Instal dari Playstore WartaBanjar.com

    BERITA LAINNYA

    TERBARU HARI INI