Kerja Sama BPBD dan PKK, KATANA Sasar Ibu Rumah Tangga di Kabupaten Banjar

    WARTABANJAR.COM, MARTAPURA – Pertama kalinya Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Banjar bersama Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Banjar menggelar acara pelatihan Keluarga Tangguh Bencana (KATANA) di Aula Kecamatan Martapura Kota pada Rabu (25/10/2023).

    Sasaran pelatihan ini pun adalah ibu rumah tangga.Ketua TP PKK Kabupaten Banjar Hj Nurgita Tyas MPd bersama BPBD Banjar memberikan arahan dan edukasi pada para ibu rumah tangga asal Desa Labuan Tabu dan Desa Bincau

    “Sasaran kita ibu rumah tangga karena ada potensi kecelakaan atau bencana yang bisa terjadi di rumah dan bisa mengakibatkan ibu rumah tangga menjadi korban,” ujar Hj Nurgita Tyas.

    Dalam pelatihan hari ini para ibu rumah tangga diajarkan bagaimana caranya menangani kebakaran karena kompor dan kebocoran gas yang didemonstrasikan oleh personel Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kabupaten Banjar.

    Selain itu, ibu rumah tangga yang hadir juga diberikan tas darurat.

    Tas tersebut diperuntukan untuk insiden darurat seperti kebakaran, kebanjiran dan bencana lainnya.

    “Tas tersebut bisa diisi barang-barang darurat, P3K yang bisa digunakan tanpa ada arahan atau resep dokter, dan dokumen penting yang sudah disiapkan ketika kita harus segera mengevakuasi diri,” ujar Hj Nurgita Tyas.

    Istri dari Bupati Kabupaten Banjar itu juga berharap ibu rumah tangga lebih aware dalam penanggulangan bencana yang kapan saja bisa terjadi di lingkungan rumah tangga.

    “Saya juga berharap kegiatan seperti ini bisa dilakukan di lokus-lokus lain agar bisa menjangkau ibu rumah tangga di wilayah lainnya,” tutupnya. (nurul octaviani)

    Baca Juga :   Edarkan Ineks, Wanita Warga Banjarmasin ini Diamankan Satresnarkoba Polres Banjarbaru

    Baca Lebih Lengkapnya Instal dari Playstore WartaBanjar.com

    BERITA LAINNYA

    TERBARU HARI INI