Helfiannoor : Belum Ada Kenaikan Uang Konsumsi untuk Posyandu di Banjarmasin, Ini Penjelasannya

    WARTABANJAR.COM, BANJARMASIN – Sebanyak 116 orang yang terdaftar di Posyandu Lansia Senyum Ceria, mereka berasal dari tujuh RT di Kelurahan Alalak Selatan Banjarmasin Utara Banjarmasin Kalimantan Selatan.

    Ketua Posyandu Lansia Senyum Ceria,  Syamsul Ma’rif mengatakan, jumlah lansia yang ada di tujuh RT yang ada di Kelurahan Alalak Selatan ada lebih dari 350 orang, namun yang bisa ditampung di Posyandu Lansia Senyum Ceria ini hanya sebanyak 116 orang.

    Jumlah itu pun sudah over kapasitas. Sedangkan uang konsumsi dari Kelurahan setiap bulannya hanya Rp 500 ribu.

    Lurah Alalak Selatan Banjarmasin Utara, Liqa Syuhada mengatakan, pihaknya tidak mengelola dana bagi posyandu sepenuhnya, tetapi hanya menyalurkan dari dinas pengendalian penduduk, keluarga berencana dan pemberdayaan masyarakat Kota Banjarmasin. Anggaran ada di dinas tersebut.

    “Sepengetahuan kami, tidak hanya posyandu lansia saja anggaran untuk konsumsi Rp 500 ribu, tetapi juga semua posyandu seperti posyandu balita juga demikian. Tetapi dananya tidak berasal dari dana Kelurahan,” katanya.

    Dijelaskannya, pihaknya hanya mengetahui bahwa ada kegiatan dinas pengendalian penduduk, kb dan pemberdayaan masyarakat kota Banjarmasin di wilayah Kelurahan Alalak Selatan Banjarmasin Utara.

    Selain uang konsumsi untuk posyandu, juga ada honor bagi petugas atau kader posyandu yang nilainya masing-masing Rp 150 ribu per orang yang dibagikan setiap bulan.

    Keberadaan posyandu lansia di wilayahnya ada dua yakni di RT 1 dan RT 16.

    “Kalau Posyandu Lansia binaan Pak Syamsul RT 16 baru setahun terakhir ini mendapatkan bantuan konsumsi, tahun sebelumnya dikelola secara mandiri dan swadaya,” imbuhnya.

    Baca Juga : Posyandu Lansia ‘Senyum Ceria’ Lebihi Kapasitas, Konsumsi dari Kelurahan Rp 500 Ribu Per Bulan

    Ditambahkannya, Posyandu Lansia di RT 16 membludak dikarenakan di posyandu tersebut ada pembagian sembako gratis, sehingga masyarakat tertarik untuk datang ke posyandu tersebut.

    Baca Juga :   Cek Rekayasa Lalu Lintas Haul Abah Guru Kapuh ke-3 di Kabupaten HSS

    Kepala Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Masyarakat Kota Banjarmasin, M Helfiannoor dikonfirmasi wartabanjar.com membenarkan bahwa uang konsumsi di posyandu Rp 500 ribu.

    Baca Lebih Lengkapnya Instal dari Playstore WartaBanjar.com

    BERITA LAINNYA

    TERBARU HARI INI