Embung di Gunung Kupang Jadi Solusi Atasi Banjir di Cempaka Banjarbaru

    WARTABANJAR.COM, BANJARBARU – Antisipasi musim hujan yang diprediksi pada awal tahun 2024, Pemko Banjarbaru sudah membangun embung di Gunung Kupang.

    Wali Kota Banjarbaru, HM. Aditya Mufti Ariffin, menyampaikan hal tersebut sebagai usaha Pemko Banjarbaru dalam penanggulangan banjir di Cempaka.

    Hal tersebut ia sampaikan kepada warga saat dialog / audiensi dengan masyarakat di lingkungan Kecamatan Cempaka, di Aula Kantor Camat Cempaka, Selasa (17/10/2023).

    “Jadi kenapa posisinya di Gunung Kupang? Karena menurut kajian, sebagian air yang turun ke daerah Cempaka ini dari Gunung Kupang,” katanya.

    Baca Juga

    Ratusan Rumah Rusak Akibat Puting Beliung di Kabupaten Banjar

    Atas dasar kajian tersebut, Pemko Banjarbaru membangun embung di Gunung Kupang Kelurahan Cempaka yang mempunyai luas 3,5 Hektar.

    “Kedalamannya juga cukup dalam, insya Allah sekitar 30 Juta liter air akan tertampung di embung Gunung Kupang, kalau disana tertampung, insya Allah akan berkurang debit air yang datang ke Cempaka,” imbuhnya.

    Aditya juga menyampaikan kepada warga, untuk membantu menanggulangi karhutla yang terjadi di Cempaka, ia akan menghibahkan mobil Pemadam Kebakaran.

    “Insya Allah di bulan ini datang mobil rescue, tahun depan kita membeli lagi 2 unit mobil pemadam kebakaran, dan mobil pemadam kebakaran yang terdahulu insya Allah salah satunya kita hibahkan di Cempaka,” ujarnya.

    Selain itu, Wali Kota Aditya juga memperkenalkan aplikasi Idaman Publik dan Idaman Office kepada warga Cempaka, agar warga semakin mudah mendapatkan pelayanan via aplikasi. (MCBJB)

    Baca Juga :   Pengedar Ingin Kelabui Polisi, Sabu Dibungkus Tisu Dimasukan ke Plastik Pengharum Ruangan Stella

    Baca Lebih Lengkapnya Instal dari Playstore WartaBanjar.com

    BERITA LAINNYA

    TERBARU HARI INI