Kementerian Agama RI Optimistis Bakal Ada Titik Temu Soal Perdebatan Pemasangan Chattra di Candi Borobudur

    WARTABANJAR.COM, MAGELANG- Rencana pemasangan payung (chattra) di puncak Candi Borobudur masih diperdebatkan, terutama dari aspek arkeologi.

    Meski demikian, Kementerian Agama (Kemenag) RI yakin akan ada titik temu karena diskusi dan komunikasi tentang chattra mulai ke arah positif.

    Staf Khusus Menteri Agama Bidang Media dan Komunikasi Publik, Wibowo Prasetyo, Dirjen Bimas Buddha, Supriyadi dan para arkeolog yang pernah terlibat dalam Pemugaran Borobudur Tahap II mengungkapkan optimisme mereka terkait hal ini saat Media Gathering Keagamaan Buddha di Kabupaten Magelang, Daerah Istimewa Yogyakarta pada 9–11 Oktober 2023.

    Di acara ini ada tiga arkeolog yang diundang, yakni Ismijono, Suparno dan Bambang.

    Wibowo Prasetyo menilai, saat ini yang diperlukan adalah langkah taktis agar segera ada kesepemahaman bersama.

    Menurutnya, hal yang wajar jika rencana pemasangan chattra belum final saat ini karena masing-masing pihak belum mendengar utuh apa yang menjadi prinsip dan pandangannya.

    Perbedaan itu diyakini akan mendapatkan titik temu karena di level kementerian dan pemerintah daerah, semua telah menyetujuinya.

    “Ini memang tidak mudah karena ada banyak perspektif, namun banyaknya perspektif justru akan memperkaya proses pemasangan chattra. Yang penting ada diskusi yang terbuka dan produktif, tak hanya dari aspek arkeologis tapi juga melibatkan spritualitas umat Buddha,” ujarnya di Magelang, Selasa (10/10/2023) lalu, dikutip dari laman Kemenag RI, Jumat (13/10/2023).

    Ia mengapresiasi diskusi awal tentang pemasangan chattra yang mengundang langsung para arkeolog itu.

    Baca Juga :   DPR Minta Polisi Tindak Tegas Yang Terlibat Kematian Afif Maulana

    Baca Lebih Lengkapnya Instal dari Playstore WartaBanjar.com

    BERITA LAINNYA

    TERBARU HARI INI