Kapolres Gumas Pimpin Pemadaman Kebakaran Lahan di Kuala Kurun

    WARTABANJAR.COM, KUALA KURUN – Kapolres Gunung Mas (Gumas) AKBP Asep Bangbang Saputra, S.I.K., turun langsung melakukan upaya pemadaman kebakaran di lahan gambut wilayah Kuala Kurun, Kabupaten Gunung Mas, Senin (2/10/2023) siang.

    Kebakaran lahan tersebut diketahui melalui aplikasi lancang kuning dimulai pada pukul 15.00 WIB.

    Usaha pemadaman di lahan gambut ini dihadapkan pada kendala minimnya sumber daya air, kondisi vegetasi semak belukar mudah terbakar dan ditambah cuaca panas serta angin yang cukup kencang yang menyebabkan penyebaran api meluas.

    Kapolres Gumas AKBP Asep Bangbang Saputra, S.I.K., terjun langsung dalam upaya pemadaman tersebut dengan memanfaat kan sumber air di lokasi sekitar.

    Upaya pemadaman api yang dipimpin Kapolres Gumas melibatkan sejumlah personil kepolisian serta dibantu oleh BPBD Kabupaten Gumas.

    Baca juga: Udara Tidak Sehat, Disdik Banjarmasin Keluarkan SE Terkait Pembelajaran TK, SD dan SMP

    “Pemadaman api dan pendinginan lahan ini masih berlangsung, mengingat lokasi kebakaran hutan dan lahan berada dipinggir jalan.” terang Kapolres.

    Kemudian, Kapolres Gumas dan pihak terkait memanfaatkan sumber air di beberapa parit sekitar lokasi, dengan menggunakan mesin pompa dan selang sepanjang 50 meter untuk menjangkau titik api.

    “Disini kami bekerjasama Polres Gumas dan BPBD untuk memadamkan api dilahan tersebut.” terangnya.

    Menyangkut kepemilikan lahan yang terbakar, Kapolres menegaskan, masih dalam penyelidikan termasuk sumber api tersebut. (ernawati/hms)

    Editor: Erna Djedi

    Baca Juga :   Menlu Retno Marsudi di Pertemuan GNB Pertanyakan Ketidakberdayaan Dunia Hentikan Serangan Israel

    Baca Lebih Lengkapnya Instal dari Playstore WartaBanjar.com

    BERITA LAINNYA

    TERBARU HARI INI