Alur Sungai Barito Diduga Tercemar Limbah Tongkang

    WARTABANJAR.COMAlur sungai Barito diduga tercemar dari limbah kapal dan tongkang hingga menyebabkan terganggunya pasokan air bersih ke masyarakat.

    Hal tersebut terungkap dalam rapat dengar pendapat Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) bersama Dinas Lingkungan Hidup (DLH) dan Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Prov. Kalsel di ruang komisi III. Rabu, (20/9).

    “Jadi ini kita mengkhawatirkan kalau kalau limba itu berasal dari kapal-kapal atau tongkang-tongkang yang lewat ini menjadi tugas dan fungsi dari dinas perhubungan, ” ucap Sekretaris Komisi III Gusti Abidinsyah.

    Lebih lanjut, wakil rakyat asal daerah pemilihan Kalsel II/Kabupaten Banjar itu menambahkan, akan mencoba memanggil Dinas Perhubungan bagaimana, tugas dan fungsinya mengelola kapal-kapal tongkang ini seperti apa pengawasannya.

    Baca Juga

    Karhutla di Jingah Habang Hanguskan 8 Hektare Lahan 

    “Karna kita khawatir di situ kan limbah itu dibuang, juga solar dan segala macam, kita khawatir sebegitu ya. Inilah tadi yang terbetik yang antara kawan-kawan dari dinas lingkungan hidup. Jadi mereka juga sebenarnya di lingkungan hidup, cuma hanya di sitenya saja, di tempatnya saja yang di lingkungan hidup, karena itu berkaitan dengan reklamasi dan segala macam seperti itu. ”

    Terpisah, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Hanifah Dwi Nirwana, mengatakan, dalam waktu dekat akan minta LHU dari teman-teman Kementerian Lingkungan Hidup Dan Kehutanan (KLHK).

    “Kebetulan data yang kami terima dari Kabupaten Barito Kuala mereka tidak melakukan pengujian dan untuk parameter besi, kadmium, mangan, yang biasanya dihubung-hubungkan dengan batu bara, kebetulan itu tidak ada, kami akan segera mengetahui data itu dan di kewenangan kami, kami melakukan pembinaan pengawasan itu di site, di lokasi kerja. Kita akan pelajari dan kami tetap akan berupaya semaksimal mungkin, untuk menjaga lingkungan kita lebih baik lagi, termasuk juga kualitas air sungai kita, ” tutupnya.(humas)

    Baca Juga :   Video Penyergapan Pencuri Sepeda Motor di Jalan Pramuka Banjarmasin Viral

    Baca Lebih Lengkapnya Instal dari Playstore WartaBanjar.com

    BERITA LAINNYA

    TERBARU HARI INI