Sempat Diamuk Karhutla, Kawasan Hijau Tahura Sultan Adam Diawasi Tim Pemantau Api

    WARTABANJAR.COM, BANJARBARU – Kawasan Taman Hutan Raya (Tahura) Sultan Adam sempat dilalap kebakaran beberapa waktu lalu akibat cuaca kemarau.

    Setelah itu, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Selatan (Kalsel) melalui Dinas Kehutanan (Dishut) melakukan penutupan Tahura Sultan Adam.

    Kini Dishut terus berupaya melakukan pencegahan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) agar tidak terjadi kembali di kawasan Taman Hutan Raya (Tahura) Sultan Adam.

    “Walaupun kawasan Tahura Sultan Adam ditutup, patroli tetap ditingkatkan guna kewaspadaan akan bahaya terjadinya Karhutla lagi dan penutupan juga untuk mengantisipasi puncak musim kemarau,” ujar Kadishut Kalsel, Fathimatuzzahra, Kamis (7/9/2023).

    Baca juga: Kemarau Kalsel Lebih Kering Dibanding 3 Tahun Terakhir, BMKG Ingatkan Warga Bijak Gunakan Air

    Tidak hanya itu, lanjut dia, pihaknya terus gencar melakukan pendekatan persuasif kepada masyarakat melalui sosialisasi dan penyuluhan pencegahan Karhutla serta pemasangan spanduk imbauan larangan membakar hutan dan lahan di wilayah rawan Karhutla.

    “Patroli di daerah rawan atau yang masih hijau akan terus ditingkatkan dan tim pemantau api juga aktif di lokasi sekitar kawasan Tahura Sultan Adam sehingga apabila terdeteksi adanya api langsung dapat segera dilakukan tindakan pemadaman,” ujar Kadishut Kalsel, Fathimatuzzahra.

    Terkait kebakaran yang sempat terjadi di Tahura Sultan Adam, dikatakan Fathimatuzzahra, berhasil diatasi berkat kerjasama tim gabungan.

    “Alhamdulillah, dengan bantuan tim gabungan, baik dari Brigdalkarhutla Dishut dan Tahura, Polhut, TKPH, karyawan Dishut dan Satgas Tahura Sultan Adam, BPBD Kalsel dan kab/kota, Manggala Agni, Damkar dan melibatkan seluruh Masyarakat Peduli Api (MPA) di bawah naungan Tahura Sultan Adam dan dukungan suplai air dari beberapa mobil tangki milik Dinas PUPR dan Dinas Lingkungan Hidup dan lainnya serta dibantu dengan mengerahkan berupa dua Helikopter Water Bombing milik BNPB dan Satgas Darat bisa ditangani dengan cepat penanganan Karhutla yang terjadi di kawasan Tahura Sultan Adam,” paparanya.

    Baca Juga :   Video Penyergapan Pencuri Sepeda Motor di Jalan Pramuka Banjarmasin Viral

    Baca Lebih Lengkapnya Instal dari Playstore WartaBanjar.com

    BERITA LAINNYA

    TERBARU HARI INI