BSSN Investigasi Peretasan Youtube DPR RI

    WARTABANJAR.COM – Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) memberikan klarifikasi perihal peretasan kanal youtube DPR RI menjadi situs judi online.

    Juru Bicara BSSN Ariandi Putra menyatakan bahwa tim BSSN sedang melakukan investigasi terhadap seluruh perangkat yang terhubung ke akun Youtube DPR-RI yang telah di ambil alih paksa akunnya oleh pelaku pada hari Rabu 6 September 2023 kemarin.

    “Tim National CSIRT BSSN bersama dengan tim CSIRT DPR-RI telah melakukan investigasi sejak 6 September 2023 dan terus melakukan penyelidikan terhadap komputer di ruang kerja Setjen DPR RI yang diduga menggunakan aplikasi bajakan,” kata Ariandi, Kamis (7/9).

    Ariandi menambahkan bahwa aplikasi bajakan tidak sepatutnya digunakan dan agar lebih berhati-hati dalam mengakses internet.

    Baca Juga

    Musim Kemarau Diprediksi Berakhir Awal November

    “BSSN dan DPR-CSIRT telah melakukan koordinasi dengan Bareskrim Polri sebagai upaya untuk menindaklanjuti penegakkan hukum sesuai dengan aturan dan perundangan yang berlaku,” tambah Ariandi

    Pasca insiden terebut BSSN memberikan rekomendasi kepada Setjen DPR RI untuk memastikan seluruh perangkat yang digunakan mengelola akun media sosial, baik smartphone dan komputer sudah terpasang antivirus, memastikan mengaktifkan two factor authentication, melakukan pemindaian dengan antivirus/anti malware secara berkala, memastikan tidak menginstall software bajakan, selalu waspada akan bahaya phishing dan tidak mengunjungi situs berbahaya, selalu membersihkan session login, cookie dan atau browsing history di perangkat dan tidak sembarang menginstall extension tambahan di browser.

    Baca Juga :   MPR RI Akan Undang Keluarga Soeharto dan Gus Dur untuk Jalin Rekonsiliasi

    Baca Lebih Lengkapnya Instal dari Playstore WartaBanjar.com

    BERITA LAINNYA

    TERBARU HARI INI