Daftar 5 Pemain Hasil Seleksi 12 Kota di Skuad Timnas Indonesia U-17: Tak Ada dari Banjarmasin

    WARTABANJAR.COM, JAKARTA – PSSI merilis daftar lima pemain yang terpilih untuk mengikuti pemusatan latihan (TC) Timnas Indonesia U-17 proyeksi Piala Dunia U-17 2023. Dari daftar itu, namun tak ada satu pun nama peman dari seleksi yang dilakukan untuk wilayah Banjarmasin yang digelr di Stadion Demang Lehman.

    Lima pemain yang terpilih untuk mengikuti TC Timnas Indonesia U-17 yaitu I Wayan Arta Wiguna, Rionaldi Mehran, Maouri Ananda Yves, M Aulia Rahman, dan Fairuz Farhan Al Radin.

    Mereka berasal dari hasil seleksi yang digelar PSSI di 12 kota yang meliputi Bandung, Palembang, Bali, Tangerang, Samarinda, Jakarta, Solo, Banjarmasin, Medan, Surabaya, Manado, dan Makassar.

    BACA JUGA: Piala AFF U-23: Gol Ramadhan Sananta Bawa Asa Timnas Indonesia

    Dari 12 kota itu, sebelumnya terpilih 42 pemain untuk mengikuti seleksi selama tiga hari pada 15-17 Agustus 2023 di Lapangan A, Komplek Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta Pusat. Seleksi tersebut juga diikuti delapan pesepakbola muda hasil dari penyaringan yang dilakukan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora).

    Seleksi Timnas Indonesia U-17 di Lapangan A dipimpin langsung oleh Bima Sakti. Ia didampingi Direktur Teknik (Dirtek) PSSI, Indra Sjafri, dan Konsultan Pelatih Frank Wormuth.

    Seleksi 12 Kota Besar

    PSSI sebelumnya menggelar seleksi terbuka di 12 kota atau wilayah guna menyaring para pemain berbakat untuk memperkuat Timnas Indonesia U-17.

    Dari ribuan peserta yang ikut serta, terpilih lah 42 pemain dan ditambah delapan pemain dari seleksi Kemenpora, sehingga ada 50 pemain yang kembali menjalani seleksi terakhir di Jakarta pada 15-17 Agustus 2023.

    Dalam seleksi yang dipimpin langsung oleh pelatih Timnas U-17 Indonesia, Bima Sakti serta didampingi Direktur Teknik Indra Sjafri dan Konsultan Pelatih Frank Wormuth, serta para staf pelatih tim U-17 yang lainnya memutuskan lima pemain yang masuk skuad Timnas U-17.

    “Setelah melihat kemampuan pemain-pemain dari 12 kota, lalu terpilih 42 pemain dan ditambah delapan pemain dari seleksi Kemenpora jadi total 50 pemain untuk mengikuti seleksi nasional di Jakarta,” terang Indra Sjafri.

    “Setelah itu, tim pelatih tim U-17 yang dipimpin pelatih Bima Sakti memilih lima pemain. Keputusan ini juga melibatkan konsultan pelatih, Frank Wormuth,” sambungnya.

    Lima pemain itu terdiri dari kiper, belakang, gelandang, winger, dan striker.

    Kelima pemain ini memenuhi kriteria yang diharapkan pelatih.

    Satu pemain yang menjadi sorotan adalah pemain muda asal klub Bali United, Maouri Ananda Yves.

    Wonderkid berdarah blasteran Prancis ini sukses memikat Indra Sjfari,

    Mereka sudah bergabung dengan skuad tim U-17 yang sudah berlatih di Jakarta.

    “Kami berharap mereka dapat beradaptasi dan mampu memperlihatkan kemampuan terbaiknya,” harap Indra Sjafri.

    Dalam mematangkan persiapan pada awal September nanti para pemain giliran akan menjalani pemusatan latihan di Jerman, di sana mereka akan menjalani serangkaian uji coba.

    Seperti diketahui, Tim U-17 Indonesia dipersiapkan untuk mengikuti Piala Dunia U-17 yang akan berlangsung di Indonesia mulai 10 November hingga 2 Desember mendatang.

    7 Diaspora Dicoret

    Bima Sakti memanggil sejumlah alumni timnas Indonesia U-16, menyeleksi pemain dari berbagai daerah di Indonesia, termasuk memanggil pemain diaspora di luar negeri.

    Pertama kali Bima Sakti memanggil enam pemain diaspora. Lima pemain datang ke seleksi ke Jakarta, tetapi empat pemain langsung dicoret.

    Mereka adalah Mahesa Ekayanto (Belanda), Madrid Augusta (Belanda), Aaron Nathan Ang (Jerman), dan Staffan Qabiel Horito (Spanyol).

    Hanya Aaron Liam Suitela (Australia) yang bertahan dalam seleksi timnas Indonesia U-17, serta Welber Halim Jardim (Brasil) yang datang belakangan.

    Kemudian, Bima Sakti menambah tiga pemain diaspora untuk seleksi timnas U-17. Tetapi ketiganya justru dipulangkan ke negaranya masing-masing.

    Mereka yang dicoret adalah Ocean Erwin Lim (Spanyol), Althaf Fawwaz Khan (Amerika Serikat), dan Igor Arungbumi Sanders (Belanda).

    BACA JUGA: Jadwal Timnas U-23 Indonesia vs Timor Leste di Piala AFF U-23 Hari ini

    Berikut 5 pemain yang dipilih PSSI dari seleksi 12 kota:

    1. I Wayan Arta Wiguna (Goal Keeper), Klub : Bali United

    2. Rionaldi Mehran (Bek Kiri), Klub : Academy Persib Cimahi

    3. Maouri Ananda Yves (Gelandang serang) “Keturunan”, Klub : Bali United

    4. M Aulia Rahman (Striker), Klub. : Persita

    5. Fairuz Farhan Al Radin (Wing kanan), Klub : Sparta Depok.(wartabanjar.com/berbagai sumber) editor: didik tm

    Baca Juga :   Jelang Portugal vs Prancis di Perempat Final Euro 2024: Adu Tuah Ronaldo vs Mbappe

    Baca Lebih Lengkapnya Instal dari Playstore WartaBanjar.com

    BERITA LAINNYA

    TERBARU HARI INI