CATAT! Masyarakat Bisa Pajang Barang Pribadi ‘Tempoe Doeloe’ ke Museum Lambung Mangkurat

    WARTABANJAR.COM, BANJARBARUMuseum Lambung Mangkurat tak hanya menyimpan barang bernilai sejarah dan jejak-jejak seni budaya milik daerah saja. Ternyata, barang yang jadul yang memiliki nilai milik pribadi masyarakat juga bisa dipajang di museum tersebut.

    Beberapa bulan yang akan datang, Museum Lambung Mangkurat akan mengadakan Pameran Temporer yang memperlihatkan koleksi milik masyarakat yang sudah dihibahkan ke Museum Lambung Mangkurat.

    BACA JUGA: Ada Ruang Lukisan di Museum Lambung Mangkurat Lho! Karya Gusti Sholihin Hasan Jadi Spot Foto Pengunjung

    “Nanti insyaa Allah di bulan Agustus atau September mendatang kita adakan pameran temporer hibah masyarakat, sekarang lagi menyusun konsepnya,” ujar Pamong Budaya Ahli Madya Museum Lambung Mangkurat, H Rusniadi.

    Pameran ini akan berisi barang milik masyarakat yang memiliki nilai tempo dulu seperti senjata tajam keris ataupun peralatan yang terbuat dari kuningan.

    “Biasanya kita menerima hibah sebuah keris dari masyarakat dan nanti keris itu akan kita pajang di pameran,” sambungnya lagi.

    BACA JUGA: Lomba Menyanyi Lagu Banjar Digelar UPTD Museum Lambung Mangkurat

    H. Rusniadi menyampaikan bahwa masyarakat luas bisa menghibahkan apa saja yang bernilai sejarah tempo dulu ke Museum Lambung Mangkurat.

    “Kebanyakan hibah yang kita terima itu keris. Sudah gak asing bagi masyarakat khususnya suku Banjar punya keris keturunan yang dianggap memiliki nilai magis. Biasanya keris seperti itu harus dirawat dan rajin dibersihkan. Kalau tidak sanggup merawat, bisa dihibahkan ke Museum dan kita yang akan merawatnya, ujar H. Rusniadi lagi.(nuy)

    editor: didik tm

    Baca Juga :   30 Penyuluh KB Balangan Difasilitasi Sepeda Motor

    Baca Lebih Lengkapnya Instal dari Playstore WartaBanjar.com

    BERITA LAINNYA

    TERBARU HARI INI