Dit Intelkam Polda Kalsel Kembali Sosialisasikan Anti Intoleran dan Terorisme di Kandangn HSS

    WARTABANJAR.COM, KANDANGAN – Menyambut HUT ke-77 Bhayangkara tahun 2023, Polda Kalimantan Selatan menyelenggarakan silaturahmi dan dialog kamtibmas dalam rangka mencegah sikap intoleran, radikalisme dan terorisme di Kabupaten Hulu Sungai Selatan, Selasa (27/6/2023).

    Kegiatan tersebut digelar di Langgar Nurul Iman, Desa Gambah Dalam, Kecamatan Kandangan, yang dihadiri oleh Kades Gambah Dalam, Pengurus Langgar, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Kelompok PASIKA (Paser Ikan Kandangan) dan masyarakat sekitar.

    BACA JUGA: Bawaslu dan Polda Kalsel Gelar Sosialisasi Seleksi Calon Bawaslu Kabupaten Kota

    Dalam sambutannya perwakilan Dit Intelkam Polda Kalsel, Kompol Mohammad Sukar, meminta kepada masyarakat untuk menjaga kamtibmas, Polri hadir sebagai mitra dari masyarakat, tanpa ada kerjasama dari masyarakat, Polri tidak bisa bekerja sendiri.

    “Sebagai wujud kepedulian warga terhadap keamanan adalah menginformasikan atau melaporkan apabila ada hal-hal kurang baik, seperti orang mabuk, balapan liar, mencuri atau melakukan hal-hal yang bertentangan dengan norma adat, adat istiadat, agama dan lain lain, segera laporkan ke Kepolisian,” ujar Sukar.

    Sementara itu, penyuluh Agama Islam Kemenag HSS, H Muhammad Rafi’I dalam ceramahnya mengatakan, perbedaan hari raya merupakan khazanah yang ada di Indonesia dan ini jangan di permasalahkan.

    BACA JUGA: Kapolda Kalsel Irjen Andi Rian Perintahkan Tindak Tegas Pembakar Lahan di Banjarbaru

    “Metode NU menggunakan ruqyah hilal (melihat bulan) dan Muhammadiyah menggunakan hisab (perhitungan). Kedua metode tersebut adalah benar dan tidak ada yang salah karena ada hadistnya,” ucap Rafi’i.

    “Tanda kedewasaan kita adalah mensikapi dengan menjaga toleransi beragama, jauhi tindak kekerasan karena itu inti ajaran agama yang datang membawa kedamaian. Untuk itu mari jaga keseimbangan dalam beragama atau moderasi beragama, artinya tidak fanatik dan berada ditengah² walaupun perbedaan itu ada,” pungkasnya. (Qyu)

    editor: didik tm

    Baca Juga :   Nomor Urut Pilbup Banjar : Saidi Manyur-Habib Idrus Alhabsyie Nomor 1, Syaifullah Tamliha dan Habib Ahmad Nomor 2

    Baca Lebih Lengkapnya Instal dari Playstore WartaBanjar.com

    BERITA LAINNYA

    TERBARU HARI INI