Kapolda Kalsel Irjen Andi Rian Perintahkan Tindak Tegas Pembakar Lahan di Banjarbaru

    WARTABANJAR.COM, BANJARBARU – Saat ini Kepolisian di Kalimantan Selatan sedang melalukan penyelidikan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di wilayah Banjarbaru yang ternyata ada dugaan kesengajaan oleh oknum yang tidak bertanggungjawab.

    Kapolda Kalsel, Irjen Andi Rian R Djajadi melalui Kabid Humas Polda Kalsel Kombes Pol Mochamad Rifa’i menegaskan, kasus karhutla di Banjarbaru menjadi salah satu pekerjaan rumahnya.

    Menurut Kombes Rifa’i , kapolda telah memerintahkan jajarannya menindak tegas pelaku pembakaran apabila terbukti bersalah.

    BACA JUGA: Kebakaran Lahan di Liang Anggang Banjarbaru, Polres Bentuk Tim Selidiki Penyebab Karhutla

    “Sejak awal Pak Kapolda mengatakan kalau memang terbukti melakukan pembakaran harus ditindak tegas. Ini sudah jadi komitmen,” katanya Kombes Rifa’i, Senin (26/62023).

    Kombes Rifa’i mengungkapkan, ada tiga titik kebakaran yang saat ini diselidiki Polres Banjarbaru. Petugas masih melakukan pengumpulan alat bukti dan keterangan dari saksi dan mencari titik terang, siapa yang harus bertanggung jawab.

    “Polres Banjarbaru serius dalam menangani kasus karhutla, karena ini bukan tindak pidana biasa dan harus ditindak tegas,” ungkap Kombes Rifa’i.

    BACA JUGA: BPBD Banjar Kerahkan TRC, Dampak Karhutla Makin Terasa

    Sementara untuk titik api yang disebabkan oleh faktor alam, seperti yang terjadi di Banjarbaru dan Tanah Laut, Kapolda Kalsel Irjen Andi Rian R Djajadi sudah berkoordinasi dengan Pemerintah Provinsi Kalsel, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan pihak terkait agar water bombing segera dilakukan.

    “Mudah-mudahan dalam waktu singkat sudah terealisasikan untuk membantu kita dalam menanggulangi Karhutla,” harapnya.(wartabanjar.com/berbagai sumber)

    editor : didik tm

    Baca Juga :   Kadisdik Banjar: Sekolah Penggerak Wajib Tunjukkan Gebrakan Baru di Dunia Pendidikan

    Baca Lebih Lengkapnya Instal dari Playstore WartaBanjar.com

    BERITA LAINNYA

    TERBARU HARI INI