Kalsel Belum Bebas Rabies, Kemenkes Rilis 11 Provinsi Bebas Rabies

    WARTABANJAR.COM – Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) belum terbebas dari rabies. Hal ini diketahui berdasarkan rilis Kementrian Kesehatan (Kemenkes) RI.

    Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Kemenkes, Imran Pambudi mengatakan Rabies merupakan tantangan besar di Indonesia.

    Imran mengatakan karena dalam tiga tahun terakhir kasus gigitan hewan rabies itu rata-rata setahunnya lebih dari 80.000 kasus dan kematiannya rata-rata 68 orang.

    “Saat ini ada 26 provinsi di Indonesia yang menjadi endemis rabies tapi hanya 11 provinsi yang bebas rabies. Yaitu Kepulauan Riau, Bangka Belitung, DKI Jakarta, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Jawa Timur, Papua Barat, Papua, Papua Selatan, Papua Tengah, dan Papua Pegunungan,” kata Imran.

    Baca Juga

    Gelapkan Avanza Demi Judi Slot, Macan Barbar Ringkus Pelaku

    Lanjutnya, banyak pulau yang bebas rabies di Indonesia, misalnya di NTT ada pulau bebas rabies seperti Pulau Sumba. Ada juga pulau lainnya antara lain Pulau Tabuan dan Pulau Pisang di Lampung, Pulau Meranti di Riau.

    Kemudian Kepulauan Mentawai di Sumatera Barat, Kepulauan Sintaro di Sulawesi Selatan, Pulau Nunukan, Pulau Batik, dan Pulau Tarakan di Kalimantan Utara.

    Sudah ada dua kabupaten yang menyatakan kejadian luar biasa (KLB) rabies yaitu Kabupaten Sikka, NTT dan Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS).

    Situasi rabies di Indonesia tahun 2020 hingga April 2023, rata-rata per tahun kasus gigitan sebanyak 82.634, kemudian yang diberi vaksin anti rabies hampir 57.000.

    Juru Bicara Kemenkes Mohammad Syahril mengatakan karena sudah ada wilayah KLB, maka harus dilakukan gerakan massal serentak yang dipimpin oleh pemerintah daerah yang melibatkan seluruh dinas terkait.

    Baca Juga :   Pencurian Alat EWS Masih Jadi Persoalan Serius di Wilayah Perairan

    Baca Lebih Lengkapnya Instal dari Playstore WartaBanjar.com

    BERITA LAINNYA

    TERBARU HARI INI