Pemprov Kalsel Analisis Cangkang Kelapa Sawit Jadi Sumber Energi Alternatif

    WARTABANJAR.COM – Dinas Perkebunan dan Peternakan Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) sedang menganalisis potensi pemanfaatan cangkang kelapa sawit.

    Berdasarkan data statistik tahun 2022 dari 46 pabrik kelapa sawit yang ada telah memproduksi Tandan Buah Segar (TBS) kelapa sawit dengan rendemen rata-rata 20 persen mencapai 5.743.950 ton, menghasilkan Crude Palm Oil (CPO) sebesar 1.148.790 ton.

    Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan (Disbunnak) Provinsi Kalsel, Suparmi mengatakan dari satu ton kelapa sawit, dapat menghasilkan cangkang sekitar 6 hingga 7 persen dari produksi TBS.

    Baca Juga

    Hasil Visum RS Raza, Zakir Tenggelam Sudah 2 Hari

    “Jika dikonversi, volume produk turunan sawit tersebut (cangkang) pada 2022 mencapai 344.637 ton per tahun,” kata Suparmi, Banjarbaru, Sabtu (13/5/2023).

    Suparmi menjelaskan, cangkang kelapa sawit merupakan biomassa dari proses pengolahan TBS untuk menghasilkan minyak sawit mentah (CPO) dan minyak inti sawit (CPKO).

    Saat ini, produk kelapa sawit terdiri dari ash content yang minim, kadar air yang lembab, karbon aktif sekitar 20-22 persen, dan kadar penguapan (volatile matter) yang tinggi mencapai 69-70 persen.

    “Kandungan tersebut menjadikan produk turunan sawit ini bukan menjadi limbah yang tak berguna, tetapi menjadi produk yang bisa diolah dan dimanfaatkan menjadi produk bernilai ekonomi tinggi,” jelas Suparmi.

    Potensi sebagai sumber energi alternatif yang ramah lingkungan tidak hanya sebatas menjadi sumber energi pada broiler, arang maupun briket arang, namun cangkang sawit dapat menjadi salah satu alternatif energi berkelanjutan pengganti minyak fosil yang bisa digunakan sebagai bahan bakar pada pembangkit listrik. Potensi alternatif renewable energy dalam cangkang sawit juga sudah dilirik dan diminati oleh pasar global.

    Baca Juga :   Seorang Pria ditemukan Meninggal di Sekumpul

    Baca Lebih Lengkapnya Instal dari Playstore WartaBanjar.com

    BERITA LAINNYA

    TERBARU HARI INI