Viral Surat Tim Kesehatan Penanggulangan DBD Kalteng, Hoaks

    WARTABANJAR.COMViral surat mengatasnamakan Tim Kesehatan Lingkungan Unit Penanggulangan Wabah Penyakit Menular Demam Berdarah (DBD) wilayah Provinsi Kalimantan Tengah.

    Dalam surat tersebut terdapat nama-nama yang diberikan tugas melakukan penyemprotan dan pengasapan terhadap wabah penyakit demam berdarah, flu burung, dan pest control.

    Faktanya, dikutip dari situs kalteng.go.id, surat yang beredar tersebut adalah hoaks.

    Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Kalimantan Tengah Suyuti Syamsul menyatakan tidak mengetahui lembaga tersebut serta memastikan bahwa lembaga tersebut tidak ada kaitannya dengan dinkes provinsi/kabupaten/kota di Kalimantan Tengah.

    Berdasarkan hasil penelusuran, lembaga tersebut berdomisili di luar Kalimantan Tengah. Kemudian, logo kementerian yang dipakai dalam surat tugas tersebut adalah logo Kementerian Kesehatan (Kemenkes) yang lama, sedangkan saat ini Kemenkes sudah menggunakan logo yang baru.

    Suyuti menambahkan bahwa pengasapan (fogging) nyamuk DBD tidak dilakukan atas permintaan masyarakat, apalagi melalui penawaran. Pengasapan dilakukan berdasarkan hasil penyelidikan epidimologis dan diberikan secara gratis.

    Ia juga mengimbau agar masyarakat berhati-hati dengan berbagai modus yang berkedok dan mengatasnamakan suatu lembaga.(aqu/rls)

    Editor Restu

    Baca Juga :   Kunjungi Sido Muncul, Pimpinan DPR Dukung Produk Minuman Tradisional Mendunia

    Baca Lebih Lengkapnya Instal dari Playstore WartaBanjar.com

    BERITA LAINNYA

    TERBARU HARI INI