4 Kecamatan di Banjarmasin Waspada Banjir Rob

    WARTABANJAR.COM, BANJARMASIN – Sejumlah wilayah di Kota Banjarmasin diprediksi mengalami banjir rob akibat air pasang laut yang tinggi dan disertai intensitas hujan cukup tinggi.

    “Khususnya wilayah pinggiran sungai dan daerah pesisir muara laut, yang akan terdampak” ujar Husni Thamrin, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Banjarmasin, Selasa (21/2/23).

    Menurutnya, banjir rob yang biasa terjadi sejak sore tersebut menimbulkan genangan air antara 5 hingga 30 sentimeter.

    Baca Juga

    Anak 4 Tahun Tenggelam di Jalan Gerilya Banjarmasin

    Wilayah yang akan mengalami genangan di antaranya, daerah Mantuil dan Pulau Bromo di Banjarmasin Selatan, di daerah Banjarmasin Barat, Banjarmasin Timur, dan di daerah Sungai Miai Banjarmasin Utara.

    Namun menurut Thamrin kondisi banjir rob saat ini masih terbilang aman, karena hanya menggenangi jalan.

    Masih menurut dia, hampir tidak ada laporan atau terpantau wilayah yang mengalami genangan parah hingga merendam sampai ke dalam rumah.

    Akan tetapi, Dia pun meminta masyarakat untuk tetap waspada, khususnya yang tinggal di pinggiran sungai dan menghimbau agar membersihkan lingkungan, terutama membersihkan saluran air dari sampah.

    “Sehingga jika air pasang berakhir genangan air bisa cepat surut,” tegasnya.

    Thamrin juga mengatakan, bahwa Kota Banjarmasin masih berstatus siaga banjir dan air pasang, sehingga peralatan untuk pertolongan di BPBD Kota Banjarmasin masih disiagakan.

    Petugas BPBD Kota Banjarmasin juga melakukan pemantauan kondisi air sungai selama 24 jam. “Petugas kita secara bergiliran mengontrol kondisi ketinggian air, khususnya saat air pasang,” imbuhnya.

    Baca Juga :   Ular Kobra 1 Meter Berhasil Dievakuasi Petugas DPKP Banjar dari Sumur Warga

    Baca Lebih Lengkapnya Instal dari Playstore WartaBanjar.com

    BERITA LAINNYA

    TERBARU HARI INI