Sindikat Mafia Narkoba Italia Ditangkap Saat Mendarat di Bali dari Malaysia


    WARTABANJAR.COM, JAKARTA – Polri memastikan sindikat mafia Italia Ndrangheta tidak beroperasi di Indonesia, meskipun Antonio Strangio, anggota jaringannya yang merupakan buronan Interpol (NCB Roma) telah ditangkap di Bali pada Februari 2023.

    Ndrangheta adalah sindikat mafia yang terbentuk sejak akhir abad ke-18 di daerah pegunungan Calabria, Italia.

    Berdasarkan informasi Divhubinter Polri, sindikat Ndrangheta lebih banyak berada di Eropa, dan tidak sampai ke Indonesia.

    Sindikat mafia ini juga diketahui terlibat berbagai aksi kejahatan yang meresahkan di benua Eropa, mulai dari narkoba, penipuan, hingga kejahatan lainnya.

    Minggu, 19 Februari 2023 Polri mengawal Antonio Strangio untuk kembali ke Italia.

    Ia ditangkap di pulau wisata Bali, setelah tujuh tahun menjadi buronan sehubungan dengan perdagangan narkoba dan kejahatan terorganisir.

    Antonio yang masuk daftar red notice Interpol, dihentikan dan ditahan di Bali pada, 3 Februari 2023, setelah tiba dari Kuala Lumpur, Malaysia.

    Juru bicara kepolisian Bali, Satake Bayu Setianto, mengatakan karena alasan keamanan dirinya menolak untuk mengatakan kapan Strangio akan dideportasi ke Italia.

    Strangio juga dicari atas tuduhan penyelundupan ganja seberat 160 kilogram (352 pon). Dia diantar oleh polisi ke aula keberangkatan pada Minggu sore.

    Melansir dari AP, Senin, 20 Februari 2023, Strangio diduga terkait dengan mafia ndrangheta, yang dianggap oleh jaksa Italia sebagai organisasi kriminal paling dicari di dunia Barat.

    “Untuk ndrangheta sendiri, ada operasi khusus antarnegara Eropa, dan semua anggotanya adalah subjek red notice yang harus dimintai pertanggungjawabannya di persidangan di negaranya masing-masing,” kata Anggaito Hadi Prabowo, pejabat divisi hubungan internasional Polri kepada wartawan. (berbagai sumber)

    Baca Juga :   Kabur ke Indonesia, 13 WNA Asal Taiwan Pelaku Kejahatan Berat Dideportasi dan Dicekal Ditjen Imigrasi di Bandara

    Baca Lebih Lengkapnya Instal dari Playstore WartaBanjar.com

    BERITA LAINNYA

    TERBARU HARI INI