Dishub Wilayah Ini Manfaatkan Google untuk Optimalkan Traffic Light Atasi Kemacetan

    WARTABANJAR.COM, JAKARTA – Inovasi dilakukan oleh Dinas Perhubungan DKI Jakarta dalam mengatasi kemacetan di wilayahnya.

    Dishub DKI Jakarta melakukan kerjasama dengan Google untuk menganalisis data pergerakan lalu lintas di sejumlah ruas jalan di wilayah Ibu Kota.

    Nantinya, data tersebut akan digunakan untuk mengoptimalkan lampu lalu lintas (traffic light) untuk mengatasi kemacetan.

    “Untuk meningkatkan kelancaran lalu lintas, kami juga ada kolaborasi dengan rekan-rekan dari Google, yang mana saat ini kami sudah melakukan kerja sama akhir tahun lalu,” terang Kadis Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo kepada wartawan, di Balai Kota DKI Jakarta, Senin (13/2/2023).

    Baca juga: Aktor Lucky Hakim Mendadak Mundur dari Jabatan Wakil Bupati Indramayu

    Menurut Syafrin, nota kesepahaman dengan Google sudah ditanda tangani. Sekarang, Google sedang melakukan analisis data perihal pergerakan lalu lintas warga di Ibu Kota.

    “Karena kita pahami google mempunyai bank data yang demikian luar biasa terkait dengan mobilitas masyarakat dan ini akan kami terapkan untuk optimalisasi traffic light,” tuturnya.

    Uji coba pun dilakukan pada lima ruas jalan di satu koridor. MIsalnya, di Jalan Imam Bonjol, Jalan Diponegoro, Jalan Proklamasi, Jalan Pramuka, dan Jalan Pemuda.

    Masih dari keterangannya, di lima ruas jalan itu teridentifikasi ada delapan simpang yang diatur dengan lampu lalu lintas.

    Adapun melaui kerja sama ini, pihaknya nanti akan memperoleh digital dashboard dari Google untuk memperbarui data terbaru traffic light di koridor itu. (berbagai sumber)

    Baca Juga :   Dua Benda ini Jadi Barang Bukti Baru Kasus Kematian Gadis Penjual Gorengan di Padang

    Baca Lebih Lengkapnya Instal dari Playstore WartaBanjar.com

    BERITA LAINNYA

    TERBARU HARI INI