Sekda Kota Banjarmasin Beri Warning ASN yang Bermain Medsos di Tahun Politik

    WARTABANJAR.COM, BANJARMASIN – Pesta demokrasi politik kini mulai diambang mata, menanggapi hal tersebut, Sekretaris Daerah kota Banjarmasin, Ikhsan Budiman mengimbau Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kota Banjarmasin, untuk menjaga netralitas.

    ASN bisa bijak dalam menggunakan media sosial (medsos), menjelang pemilihan umum (Pemilu) yang serba serbinya sudah dimulai di 2023 ini,” imbau Sekdako Banjarmasin, Senin (6/2).

    “Ditahun politik ini, petunjuk angka-angka saja, seakan jadi terlarang bagi ASN, tapi sekali lagi kita lihat dari konteksnya ya,” lanjutnya.

    Lebih lanjut, Ikhsan menuturkan, ASN harus cermat menggunakan medsos, dan jangan sampai terbawa arus, bahkan sampai terlibat kampanye politik.

    Kendati demikan, Ikhsan sendiri tak menampik, terkadang memang ada ASN yang terjebak di suatu situasi, misalnya saat mereka hadir dalam suatu acara yang ternyata itu adalah acara politik.

    “Ini yang akan kami cermati, apakah dia secara vulgar menunjukkan ketidaknetralannya, atau memang terjebak di situasi itu saja, itu nanti yang perlu diperhatikan,” tutur Ikhsan.

    “Karena sejatinya seorang ASN harus bersikap netral, tidak partisan, dan harus profesional,” sambungnya.

    Saat ditanyakan terkait sanksi, jika ada temuan pelanggaran yang dilakukan oleh ASN.

    “Itu pasti ada sanksi, bisa masuk sanksi kepegawaian,” jawab Sekdako

    Terlebih lagi, di zaman yang serba sosial media ini, kata Ikhsan, ASN rawan sekali dapat membagikan, menyukai, bahkan memberikan komentar terkait suatu isu politik.

    “Untuk pengawasan kan tidak cuma dari pengawasan Pemko, tapi juga dari masyarakat bahkan dari elemen-elemen lain,” kata Iksan.

    “Ketika ada tindakan yang kurang benar dilakukan ASN di ruang lingkup Pemko Banjarmasin, terkait ketidaknetralannya masyarakat bisa langsung mengadukan hal tersebut,” tambahnya.

    “Apalagi kampanye sekarangkan tidak luput dari sosial media. Ini pasti jadi pengawasan kami di BKD hingga di Bawaslu,” pungkasnya. (Qyu)

    Baca Juga :   Kapolres Banjar Pimpin Pengawalan Pemindahan Tahanan Lapas Banjarbaru

    Baca Lebih Lengkapnya Instal dari Playstore WartaBanjar.com

    BERITA LAINNYA

    TERBARU HARI INI