Polri Siapkan SAR Hingga Pasukan Cadangan Hadapi Potensi Bencana Alam


    WARTABANJAR.COM, JAKARTA – Peringatan dini yang disampaikan BMKG dan sejumlah lembaga terkait potensi cuaca ekstrem yang terjadi di Indonesia, mendapat perhatian serius jajaran
    Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri).

    Untuk menghadapi berbagai kemungkinan terkait cuaca ekstrem yang berpotensi mengakibatkan terjadinya bencana alam, Polri saat ini mempersiapkan pasukan search and rescue (SAR) dan sarana prasarana (Sarpras).

    “Saat Anev tadi pagi dengan seluruh Polda dan Polres jajaran, pak Waka (Wakapolri Komjen Gatot Eddy Pramono) sudah mengarahkan untuk mempersiapkan pasukan SAR dan Sarpras untuk menghadapi situasi kontijensi bencana alam,” kata Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo saat dikonfirmasi, Rabu (28/12/2022), dilansir Berita Satu.

    Baca juga: Hari Keempat Pencarian Nelayan Hilang di Marabatuan Kotabaru, Tim SAR Terkendala Ombak Besar

    Dikatakan Dedi, para kepala satuan wilayah (Kasatwil) telah diperintahkan untuk turun ke lapangan.

    Kasatwil itu disiagakan berdasarkan kerawanan yang mungkin terjadi di wilayah masing-masing.

    “Para kasatwil sudah diperintahkan turun ke lapangan untuk mapping kerawanan-kerawanan yang mungkin dapat terjadi di wilayahnya masing-masing dan siapkan kontijensi plan secara maksimal,” ucapnya.

    Lebih lanjut Dedi mengungkapkan bahwa, Mabes Polri juga telah mempersiapkan pasukan cadangan untuk wilayah apabila dibutuhkan seperti mitigasi gempa Cianjur, Jawa Barat beberapa waktu lalu. (edj/bs)

    Editor: Erna Djedi

    Baca Juga :   KPU Mengganti 5 Calon Anggota DPR RI Terpilih dari PKB, Gugatan Dilayangkan

    Baca Lebih Lengkapnya Instal dari Playstore WartaBanjar.com

    BERITA LAINNYA

    TERBARU HARI INI