Pemkab Banjar Dorong Ubah Perilaku Hidup Bersih dan Sehat, Turunkan Stunting

    WARTABANJAR.COM, MARTAPURA –  Salah satu upaya Pemkab Banjar untuk menurunkan stunting yakni mendorong perubahan perilaku masyarakat menuju Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Pemerintah Kabupaten Banjar melalui Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang dan Pertanahan (PUPRP) menggelar Sosialisasi Peningkatan Kapasitas Kelompok Pemanfaat dan Pemeliharaan (KPP) Badan Usaha Milik Desa (Bumdes).

    Sosialisasi dibuka oleh Bupati Banjar H Saidi Mansyur diwakili Asisten Perekonomian dan Pembangunan Ikhwansyah. Kegiatan yang digelar di Hotel Roditha Banjarbaru, Senin (12/12) kemarin dihadiri Camat, Pambakal, KKP, Bumdes, LSM.

    Menghadirkan narasumber dari Balai Prasarana Permukiman Wilayah Kalsel Dody Darsono, BLUD Intan Hijau dan DPUPRP Banjar Hamidhan Nooryansyah.

    Asisten Perekonomian dan Pembangunan Ikhwansyah menyampaikan kesehatan merupakan salah satu komponen penting kehidupan, selain menjadi kewajiban individu juga untuk menciptakan masyarakat dan lingkungan sehat.

    Dikatakannya, untuk menjadikan individu masyarakat dan lingkungan sehat salah satu diantaranya adalah ketersediaannya sarana air limbah, toilet individu atau komunal. Ia menambahkan sejauh ini Pemerintah Kabupaten Banjar telah berhasil membangun sarana prasarana sanitasi sebanyak 5.268 unit, dimana akan ditindak lanjuti dengan penyedotan limbah tangki septik secara berkala sesuai petunjuk teknis (Tangki Septik Pabrikasi) agar terpelihara dan dapat dimanfaatkan dengan baik.

    Kasi Penyehatan Lingkungan Permukiman DPUPRP, Andri Yunan Pratama mengatakan, maksud dari sosialisasi yang dilaksanakan untuk mengurangi pencemaran lingkungan yang disebabkan oleh limbah domestik (tinja) yang merupakan sumber berbagai penyakit menular seperti diare, disentri, tipus dan lain sebagainya.

    Baca Juga :   Lagi, Aksi Diduga Gengster Banjarmasin di 2 Lokasi Resahkan Warga

    Baca Lebih Lengkapnya Instal dari Playstore WartaBanjar.com

    BERITA LAINNYA

    TERBARU HARI INI