Cek di Situs cekbantuanstb.kominfo.go.id untuk Bantuan STB Gratis

    WARTABANJAR.COM, JAKARTA – Hingga awal Desember 2022, pemerintah dan penyelenggara multiplexing (MUX) telah mendistribusikan set top box (STB) untuk rumah tangga miskin (RTM) di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek) sebanyak 477.290 unit atau 99,6 persen dari target 479.307 unit.

    “Khusus di wilayah Provinsi Banten, rincian realisasinya adalah Kota Tangerang sudah 100 persen, Kabupaten Tangerang sudah 100 persen, dan Kota Tangerang Selatan sudah 95,62 persen,” ujar Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Komiunikasi dan Informatika (Dirjen IKP Kominfo), Usman Kansong, dalam Kunjungan Kerja Spesifik Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) di Provinsi Banten pada Senin (5/12/2022).

    Menurut Dirjen IKP Kominfo, distribusi bantuan STB bagi rumah tangga miskin menjadi salah satu faktor penting dalam rangka mendukung kesuksesan program penghentian siaran analog atau Analog Switch Off (ASO).

    Untuk itu, Kementerian Kominfo telah menyediakan situs resmi yang dapat diakses masyarakat untuk mengecek apakah mereka mendapatkan bantuan STB, yaitu cekbantuanstb.kominfo.go.id.

    “Melalui situs tersebut, masyarakat bisa mencari namanya dengan memasukkan Nomor Induk Kependudukan (NIK) pada kolom pencarian. Apabila terdaftar sebagai penerima bantuan STB, masyarakat bisa menghubungi call center 159. Namun jika mengalami kendala dalam mengakses situs, masyarakat juga bisa langsung menghubungi call center tersebut,” jelas dia.

    Sedangkan untuk masyarakat golongan ekonomi mampu yang memerlukan perangkat STB diimbau dapat membeli secara mandiri.

    Baca Juga :   Pilot Susi Air yang Jadi Sandera 1,5 Tahun di Nduga, Berhasil Dibebaskan

    Baca Lebih Lengkapnya Instal dari Playstore WartaBanjar.com

    BERITA LAINNYA

    TERBARU HARI INI