Warga Kompleks BSD Gambut Harapkan Perbaikan Jalan, Pertanyakan Ke Mana Wakil Rakyatnya

WARTABANJAR.COM, GAMBUT – Warga Kompleks Batara Sinar Dinar (BSD) RT 15 Jalan Irigasi Gambut Kabupaten Banjar sudah bertahun-tahun merasakan kondisi jalan utama yang bergelombang. Beberapa kali penghuni kompleks swadaya urunan membeli pasir untuk tambal sulam jalan tersebut, namun tak bertahan lama rata kembali rusak.

Hingga akhirnya warga kembali secara swadaya, mencor salah satu lajur jalan utama masuk Kompleks BSD. Keterbatasan dana, panjang jalan yang dicor tersebut hanya sekitar puluhan meter.

Tak nampak kehadiran anggota DPRD Banjar yang berasal dari daerah pemilihan Gambut memperjuangkan kondisi jalan yang setiap hari dilewati oleh sedikitnya ratusan jiwa itu.

Adapun Anggota DPRD Banjar Daerah Pemilihan (Dapil) Banjar 3 termasuk Gambut ada enam orang, lima diantaranya kelahiran Gambut.

Warga Kompleks BSD Blok Usang 2, Bani mengharapkan, kondisi jalan dalam kompleks bisa mulus, rata dan nyaman dilewati.

Sepengetahuannya, status jalan kompleks tersebut sudah diserahkan kepada dinas terkait di Pemerintah Kabupaten Banjar.

Dirinya pun mempertanyakan wakil rakyat yang berasal dari daerah pemilihan Gambut.

Ketua RT 15 Jalan Irigasi Gambut, Helman mengatakan, untuk jumlah Kepala Keluarga di satu RT yakni RT 15 saja, jumlahnya sekitar 550 KK.

Anggota Komisi III DPRD Banjar, HM Yunani mengatakan, sepengetahuannya status jalan dalam komplek tersebut masih menjadi aset pengembang, sehingga pihaknya tidak bisa masuk untuk mengusulkan perbaikan.

Dirinya mengakui, belum mengusulkan perbaikan jalan tersebut.

Disinggung keberadaan peran dan fungsi anggota DPRD Kabupaten Banjar dalam memperjuangkan perbaikan Jalan Kompleks BSD tersebut, menurut HM Yunani beginilah kondisinya.

“Musrenbang tidak ada yang hadirnya, Cuma berdua saja yang hadir,” tambah wakil rakyat yang berasal dari Dapil Banjar 3.

Baca Juga :   LKPj 2021 Gubernur Sahbirin Noor Ungkap Capaian PAD Lampaui Target di Tengah Pandemi

Pihak Pengembang saat dihubungi wartabanjar.com menyampaikan, pihaknya sudah menyerahkan aset seperti jalan utama kompleks dan musalla yang ada di dalam Kompleks BSD dengan Pemkab Banjar.

Dalam Berita Acara Serah Terima Fisik yang ditandatangani Bupati Banjar, H Saidi Mansyur dan HM Nuruddin Muchtar tertanggal 29 April 2021, aset yang diserahkan  dalam Kompleks BSD Jalan Irigasi Kelurahan Gambut Kecamatan Gambut berupa jalan utama panjangnya sekitar 243 meter dengan lebar 8 meter, jalan pembagi panjangnya sekitar 886 meter lebar 8 meter serta lahan sarana peribadatan luas 514 meter persegi.

Kabid Penyediaan Perumahan Dinas Perumahan dan Permukiman Rakyat Kabupaten Banjar, Akhmad Rizqon mengatakan, untuk Kompleks BSD memang sudah selesai proses serah terimanya.

“Untuk perbaikan kondisi PSU bisa diusulkan melalui mekanisme Musrenbang atau Pokir Dewan,” katanya.

Dia menambahkan, meski menyerahkan sertifikat belum berarti sudah menyerahkan aset, karena masih ada proses lainnya sampai dengan berita acara serah terima aset dari pengembang ke daerah. (has)

Baca Juga : Kasat Samapta Polres Tanah Bumbu dan Tiga Kapolsek Berganti, Kapolres Tekankan Ini

Baca Juga : Ombak Hantam Kapal Pencari Ikan, Seorang Nelayan Warga Takisung Meninggal Dunia

Editor : Hasby

BERITA LAINNYA

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

TERBARU HARI INI