IDI Tegaskan Pemerintah Bukan Larang Penggunaan Paracetamol pada Anak, Tapi ini

    WARTABANJAR.COM – Ikatan Dokter Indonesia (IDI) meminta orang tua berkonsultasi kepada dokter tentang penggunaan obat penurun panas bagi anak.

    Hal ini terkait dengan pelarangan penggunaan obat sirup oleh Kemenkes RI, bagian dari kewaspadaan terhadap kemunculan penyakit gagal ginjal akut misterius pada anak.

    “Jangan kemudian sembarangan memberi obat tanpa ada resep dokter. Karena ini menjadi satu perhatian juga bagi masyarakat,” kata Ketua Umum IDI Adib Khumaidi di Semarang, Jawa Tengah, Rabu (19/10).

    Orangtua harus semakin waspada dengan kondisi saat ini. Menurutnya, pemerintah bukan melarang konsumsi obat paracetamol sirup, tetapi obat sirup yang diduga mengandung etilen glikol.

    IDI telah memberikan imbauan kepada para dokter jika menemukan kasus gagal ginjal akut untuk menelusuri dan kemudian melaporkan ke Dinas Kesehatan atau Kementerian Kesehatan.

    “Pada dasarnya, IDI dan perhimpunan yang terkait selalu berdasarkan pada ilmu pengetahuan,” katanya.

    IDI, lanjutnya memberi suatu upaya antisipatif kepada masyarakat untuk berhati-hati dalam penggunaan obat dan bukan kemudian melarang.(aqu/berbagai sumber)

    Baca Juga

    Kmenkes RI Temukan 1 Obat Sirup Menggandung Etilen Glikol

    Editor Restu

    Baca Juga :   Remaja Tewas Jatuh ke Selokan Setelah Konsumsi Kecubung Dicampur Mi Instan

    Baca Lebih Lengkapnya Instal dari Playstore WartaBanjar.com

    BERITA LAINNYA

    TERBARU HARI INI