KPU Kalsel Verifikasi Faktual 9 Parpol, Bawaslu Lakukan Pengawasan

    WARTABANJAR.COM, BANJARMASIN – Lima Komisioner Bawaslu Provinsi Kalimantan Selatan melakukan pengawasan langsung terhadap proses verifikasi faktual yang dilakukan oleh KPU, Senin (17/10/2022).

    Verifikasi faktual ini mencakup pengecekan alamat domisili kantor, pengurusan parpol, dan keterpenuhan 30 persen keterwakilan perempuan.

    Verifikasi faktual ini juga berlangsung pada tingkat Kab./Kota. Sehingga, seluruh jajaran Bawaslu di provinsi dan kabupaten/kota juga melakukan pengawasan melekat bersama KPU pada tahapan ini.

    Sementera itu, hari ini KPU Kalsel melaksanakan verifikasi faktual terhadap Partai Politik calon peserta Pemilu 2024.

    Verifikasi yang dilakukan, meliputi kantor dan kepengurusan pada 9 parpol yang lulus verifikasi administrasi

    Sembilan parpol yang diverifikasi faktual, adlah parpol non-parlemen yakni Partai Buruh, Partai Garda Perubahan Indonesia (Garuda), Partai Bulan Bintang (PBB), Partai Gelombang Rakyat Indonesia (Gelora), Partai Persatuan Indonesia (Perindo), Partai Solidaritas Indonesia (PSI), dan Partai Ummat, Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura), dan Partai Kebangkitan Nusantara (PKN).

    Hatmiati Mas’ud, Komisioner KPU Kalsel, mengatakan dari hasil verifikasi faktual seluruh partai non PT atau partai non parlementer pada prinsipnya sesuai dengan data verifikasi faktual yang terdapat di dalam sipol.

    Verifikasi faktual, kata Hatmiati, dengan mendatangi kantor parpol untuk melakukam pencocokan data yang terdapat di sipol, terutama susanan kepengurusan.

    “Hal lain yang diverifikasi, keterwakilan 30 persen perempuan, bila pengurus perempuan ini tidak hadir saat verifikasi maka kami lakukan video call. Kami juga melakukan pengecekan kelengkapan kantor dan domisili,” paparnya. (edj)

    Baca Juga :   PAN Banjarbaru Siapkan Amunisi Menangkan Hj. Erna Lisa Halaby-Wartono, Sasar 2 Kecamatan ini

    Baca Lebih Lengkapnya Instal dari Playstore WartaBanjar.com

    BERITA LAINNYA

    TERBARU HARI INI