Nadiem Makarim Umumkan Tiadakan Tes Mata Pelajaran Jalur SBMPTN di Tes PTN

    WARTABANJAR.COM – Tes mata pelajaran untuk masuk ke Perguruan Tinggi Negeri (PTN) lewat jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) ditiadakan.

    Hal ini diumumkan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbud Ristek) Nadiem Makarim via daring, Rabu (7/9).

    “Siswa atau calon mahasiswa, tidak akan lagi tes mata pelajaran saat seleksi SBMPTN,” tekan Nadiem saat acara konferensi Pers “Merdeka Belajar episode 2022: Transformasi Seleksi Masuk Perguruan Tinggi Negeri,” jelasnya.

    Keputusan ini, harapnya ini bisa menjadi kabar gembira bagi calon mahasiswa yang ingin mengambil seleksi jalur tes SBMPTN di tahun mendatang.

    Dijelaskan Nadiem, jalur SBMPTN, hanya ada tes skolastik yang mengukur pada 4 hal. Yakni, kemampuan bernalar peserta, kemampuan potensi kognitif atau logika, penalaran Matematika, literasi dalam Bahasa Indonesia, dan literasi dalam Bahasa Inggris.

    Tes skolastik tersebut tidak berhubungan dengan penghafalan materi. Namun, hanya berhubungan dengan kemampuan penalaran dan problem solving.

    Saat SBMPTN tidak lagi menggunakan tes mata pelajaran, maka tidak lagi bergantung pada lembaga bimbingan pelajaran (bimbel) untuk persiapan tes SBMPTN.

    “Lalu, tidak perlu juga khawatir untuk menghafal begitu banyak konten untuk bisa mengikuti tes seleksi,” ucapnya.

    Tidak adanya bimbel, maka berdampak positif bagi orangtua dan guru. Orangtua tidak lagi terbebani pada tanggungan finansial tambahan untuk bimbingan belajar.

    Guru bisa juga jadi lebih fokus pada pembelajaran yang bermakna, holistik, dan berorientasi pada penalaran yang mendalam, bukan hafalan.

    Baca Juga :   Kompolnas Mengapresiasi Pembebasan Pilot Susi Air, Berharap Penyanderaan Terakhir

    Baca Lebih Lengkapnya Instal dari Playstore WartaBanjar.com

    BERITA LAINNYA

    TERBARU HARI INI