Mulai Hari ini 7 September Matahari Tepat Berada di Atas Kepala atau Hari Tanpa Bayangan, ini Kata LAPAN RI

    WARTABANJAR.COM – Fenomena hari tanpa bayangan matahari secara teknis merupakan hari di mana matahari transit atau kulminasi, yaitu fenomena ketika matahari berada di posisi yang tepat di atas kepala saat tengah hari.

    Hal ini terjadi dengan waktu yang beragam tergantung lokasi geografis di mana kita berada.

    Ketika Matahari berada tepat tegak lurus di atas kita, tidak ada bayangan yang terbentuk oleh benda tegak tak berongga saat tengah hari, sehingga fenomena ini dapat disebut sebagai Hari Tanpa Bayangan Matahari.

    Fenomena ini tidak memiliki dampak langsung terhadap mahkluk hidup dan tidak akan berpengaruh langsung terhadap kenaikan suhu di permukaan bumi karena ada peran lapisan atmosfer yang mempengaruhinya.

    Walaupun begitu fenomena ini dapat membuat sebagian masyarakat tertarik akan ilmu astronomi, setidaknya mencari tahu mengapa fenomena ini dapat terjadi.

    Di Indonesia matahari tepat di atas kepala pada siang hari mulai hari ini, Rabu, 7 September hingga 21 Oktober 2022.

    Untuk Banjarmasin, dijadwalkan pada 1 Oktober pukul 12.11.25 WITA, Palangkaraya 29 September 2022 pukul 11.14.46 WITA.

    Dilansir akun LAPAN RI, Indonesia terbentang dari 6° Lintang Utara (LU) hingga 11° Lintang Selatan (LS) dan membelah garis khatulistiwa (0°).

    Dengan lokasi geografis seperti ini, matahari akan berada di atas Indonesia ketika tengah hari pada pekan kedua bulan September hingga pekan ketiga bulan Oktober.

    Hal ini dikarenakan nilai deklinasi matahari bervariasi antara +6° hingga -11° (6°LU hingga 11°LS) sejak pekan kedua bulan September hingga pekan ketiga bulan Oktober.

    Baca Juga :   4 Wilayah Kalsel Status Waspada di Prakiraan Cuaca Hari ini

    Baca Lebih Lengkapnya Instal dari Playstore WartaBanjar.com

    BERITA LAINNYA

    TERBARU HARI INI