Lebih 50 Persen Jemaah Haji Indonesia Sudah Kembali ke Kampung Halaman


    WARTABANJAR.COM, JAKARTA – Musim Haji 1443 H/2022 M memasuki fase pemulangan jemaah haji gelombang kedua dari Madinah menuju Indonesia.

    Fase pemulangan jemaah haji gelombang pertama dari Jeddah sudah berakhir hari ini. Tercatat lebih dari 50 persen jemaah yang sudah sampai di kampung halaman masing-masing.

    Terhitung sejak awal keberangkatan jemaah haji pada 4 Juni 2022, operasional haji sudah memasuki hari ke-58. Sejumlah layanan di Arab Saudi telah diberikan kepada 92.668 jemaah haji reguler dalam rentang waktu itu, baik akomodasi, katering, maupun transportasi.

    Direktur Pelayanan Haji Luar Negeri Subhan Cholid menjelaskan, pihaknya telah menyiapkan lebih dari 35 ribu kamar untuk jemaah.

    “Untuk layanan akomodasi, ada 35.278 kamar yang disiapkan untuk jemaah. Sebanyak 40 hotel di Makkah dengan 26.647 kamar, dan 48 hotel di Madinah dengan 8.631 kamar,” terang Subhan di Jeddah, Jumat (29/7/2022) WAS.

    Hotel di Makkah tersebar di lima wilayah, yaitu Mahbas Jin, Syisah, Raudhah, Jarwal, dan Misfalah.

    Masa tinggal jemaah haji Indonesia di Makkah adalah 25 hari. Hotel di Madinah seluruhnya berada di wilayah Markaziyah, sekitar Masjid Nabawi.

    Masa tinggal jemaah di Madinah, berkisar delapan sampai sembilan hari. Selain itu, ada fase puncak haji yang berlangsung lima sampai enam hari di Arafah, Muzdalifah, dan Mina (Armuzna).

    Banyak sederet fakta yang tersusun dalama beberap angka. Bukan hanya jemaah haji yang melakukan tawaf atau memutari Kabah. Dalam catatan Kementerian Agama Bus Sholawat juga “tawaf” bolak-balik mengantarkan jemaah haji selama 24 jam.

    Baca Juga :   Afifuddin Ditunjuk Jadi Plt Ketua KPU RI Gantikan Hasyim Asy'ari

    Baca Lebih Lengkapnya Instal dari Playstore WartaBanjar.com

    BERITA LAINNYA

    TERBARU HARI INI