Ratusan Penghuni Lapas Kelas IIB Banjarbaru Jalani Skrining HIV/AIDS, Hepatitis C, dan Sifilis

    WARTABANJAR.COM, BANJARBARU – Bersinergi dengan Dinas Kesehatan Kota Banjarbaru, sebanyak 150 orang WBP Lapas Kelas IIB Banjarbaru mengikuti pemeriksaan HIV/AIDS, Hepatitis C, dan Sifilis. Kegiatan dilaksanakan di area selasar tepat didepan klinik Lapas Banjarbaru, Selasa (31/5/2022)

    Dokter Lapas Banjarbaru, Dr Natasia Cindi Saragih, menuturkan bahwa pemeriksaan kesehatan bagi WBP merupakan langkah awal dan upaya deteksi dini dalam pencegahan penyakit menular di lingkungan Lapas Banjarbaru.

    “Skrining ini merupakan deteksi dan pencegahan dini bagi WBP yang berpotensi mengidap penyakit menular. Apabila ada WBP yang ditemukan Positif mengidap penyakit menular, maka segera diambil tindak lanjut untuk antisipasi terjadinya penularan di dalam Lapas,” tuturnya.

    Sementara itu, Kalapas Kelas IIB Banjarbaru, Amico Balalembang mengungkapkan bahwa pemeriksaan rutin tersebut merupakan komitmen jajaran Lapas Banjarbaru untuk memberikan pelayanan kesehatan yang baik dan prima bagi seluruh WBP.

    “Salah satu hak tahanan dan narapidana adalah mendapatkan perawatan serta pelayanan kesehatan. Kesehatan WBP bisa terkontrol dengan baik, apabila dilakukan pemeriksaan secara rutin dan sedini mungkin untuk mencegah penularan penyakit. Karena, mencegah lebih baik daripada mengobati,” ungkapnya. (edj)

    Editor: Erna Djedi

    Baca Juga :   BREAKING NEWS H Muhidin-Hasnuryadi Sulaiman di Nomor Urut 1 dan Hj Raudatul Jannah-H Akhmad Rozanie di Nomor Urut 2 di Pilgub Kalsel

    Baca Lebih Lengkapnya Instal dari Playstore WartaBanjar.com

    BERITA LAINNYA

    TERBARU HARI INI